Pemimpin Oposisi Rusia Ditembak Mati


Ahad, 01 Maret 2015 - 18:56:39 WIB
Pemimpin Oposisi Rusia Ditembak Mati

Menurut pernyataan Istana Kremlin, Presiden Rusia Vla­di­mir Putin mengutuk pembunuhan Nemtsov itu.

Dalam sebuah wawancara baru-baru, Nemtsov menga­takan ia kuatir Presiden Putin akan membunuhnya karena sikapnya yang menen­tang pe­rang di Ukraina.

Nemtsov, 55, menjabat sebagai wakil perdana menteri pertama di bawah Presiden Boris Yeltsin pada tahun 1990-an.

Saat menjabat sebagai gu­ber­nur salah satu kota ter­besar Rusia, Nizhny Nov­go­rod, Nem­tsov memperoleh re­pu­ta­si sebagai pembaharu ekonomi

Setelah ia tak cocok dengan pengganti Yeltsin, Vladimir Putin yang kini menjadi orang nomor satu Rusia, Nemtsov menjadi seorang oposan yang lantang

‘Pembunuhan Brutal’

Presiden AS Barack Oba­ma mengutuk pem­bunu­han yang disebutnya “pembunuhan brutal,” dan menyerukan Ru­sia untuk melangsungkan sua­tu­ “penyelidikan yang inde­penden, tidak memihak, dan cepat.”

Nemtsov ditembak mati, Jumat sekitar pukul 23:40 (Sabtu 03.40 WIB) tatkala melintasi Jembatan Bolshoy Kamenny, ditemani seorang perempuan Ukraina, sebut kementerian dalam negeri.

Penembaknya menge­na­kan mobil berwarna putih, yang segera meninggalkan lokasi, kata Kantoir Berita Interfax.

Sedangkan menurut situs berita berbahasa Rusia, Me­duza, “sejumlah orang” keluar dari mobilnya dan langsung menembaki Nemtsov.

Dalam twit terakhirnya, Nemtsov mengajak kelompok-kelompok yang beroposisi untuk bersatu dalam unjuk rasa anti perang Ukraina.

Sedianya, Nemtsov akan memimpin aksi yang dijad­walkan hari Minggu (1/3).

“Jika Anda mendukung penentangan terhadap perang dengan Ukraina, kalau Anda mendukung dihentikannya agresi Putin, datanglah bergabung dalam Unjuk Rasa Musim Semi di Maryino pada 1 Maret,” tulisnya

Sebelumnya, dalam tuli­sannya di situs Sobesednik, ia mengatakan:

“Saya takut Putin akan membunuh saya,” tulisanya dalam artikel tanggal 10 Feb­ruari.

“Saya yakin bahwa Putin adalah orang yang melan­carkan perang di Ukrai­na,” katanya. “Saya sangat tidak menyukainya.”(h/bbc)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]