Empat Sekolah di Sumbar Tolak BOS


Ahad, 01 Maret 2015 - 19:03:50 WIB
Empat Sekolah di Sumbar Tolak BOS

“Ini kedua kalinya mereka tidak mau menerima dana BOS. Kita beranggapan, me­reka tidak mau menerima BOS mungkin karena sudah mampu secara keuangan. Atau mereka tidak suka dengan tata cara penyaluran BOS,” ungkapnya.

Baca Juga : Tahun 2020, Capaian PAD Perumda AM Kota Padang Melebihi Target

Meskipun empat sekolah ini menolak BOS, kata Syam­surizal, tidak ada pengaruhnya kepada penyaluran BOS. Un­tuk triwulan I ini, pihaknya sudah menyalurkan 25 persen dari total dana BOS per seko­lah. Jumlahnya beragam untuk setiap sekolah.

Ia menambahkan, penya­luran itu akan dilakukan berta­hap dan dibagi dalam empat triwulan. Setiap triwu­lan akan dibagikan 25 persen dari total dana yang diterima sekolah.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis Artikel HUT ke-46 Tahun

Dari data Disdikbus, besa­ran dana BOS tahun 2015 mencapai Rp185 miliar yang akan dibagikan untuk 4.230 Sekolah Dasar (SD) dengan total Rp132,4 miliar dan untuk 726 SMP dan SLB dengan besaran uang Rp52,8 miliar.

“Untuk triwulan I sudah kita transfer ke rekening seko­lah penerima pada 2 Februari 2015 lalu. Jadi, kita tengah mempersiapkan penyaluran tahap II,” ujar Syamsulrizal.

Baca Juga : Ada 52 Kasus Pernikahan di Bawah Umur di Kota Padang Tahun 2020, Penyebab Utama 'Hamil Duluan'

Pada tahun lalu Sumbar tercatat sebagai salah satu provinsi tercepat dalam me­nyalurkan dana BOS setelah Riau dan Yogyakarta. Tahun lalu, dua sekolah di Sumbar juga mendapat peringkat per­tama tata kelola BOS terbaik yang di raih SD di Agam, dan peringkat kedua dipegang SMP 2 Lubuk Alung.

“Dalam penyaluran dana BOS ini kita selalu dinilai oleh pemerintah pusat, apakah itu tata kelola dan ketepatan sa­saran dari dana BOS yang diberikan ini,” tuturnya.

Baca Juga : Cuma 2 Menit, Cetak Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Kota Padang dengan Anjungan Dukcapil Mandiri

Terkait dengan ketepatan sasaran dana BOS ini, Dis­dikbud selalu melakukan pe­nge­c­ekan ke lapangan untuk melihat sejauh mana dana ini dimanfaatkan oleh sekolah yang mendapatkannnya.

“Kita turunkan tim pe­mantau untuk melihat BOS ini tepat sasaan atau tidak,” pung­kasnya. (h/mg-isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]