UN 2015, Dihantui Kebocoran Soal


Ahad, 01 Maret 2015 - 19:06:37 WIB
UN 2015, Dihantui Kebocoran Soal

Pencetakan soal dan lem­bar jawaban UN di daerah memunculkan kekhawatiran terkait dengan kerahasiaan dan indikasi kebocoran soal UN. Kekhawatiran tersebut salah satunya datang dari Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumbar, Prof Dr Jamaris Jamna. Ia beranggapan, dengan perceta­kan yang dilakukan di daerah, kebocoran naskah soal rentan terjadi. Ini cukup beralasan, karena  belajar dari tahun lalu, masih beredarnya kunci jawa­ban di kalangan siswa.

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

“Berdasar investigasi ka­mi, bocornya soal UN itu terjadi di percetakan. Itulah kenapa dulu percetakan ditarik dari daerah ke pusat. Jadi, perlu ada pengawasan saat percetakan ini berlangsung,” terangnya.

Menanggapi kondisi ini, Direktur PT Grafika, Dasril ditemui Haluan di ruangannya pada Jumat (27/2) lalu menga­takan, pihaknya telah bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk mengantisipasi adanya kebocoran soal. Diren­cana­kan, dalam satu hari akan ada empat personil kepolisian melakukan pengawalan. “Se­lain kepolisian, pegawai yang nantinya akan bekerja men­cetak soal pun sudah menan­datangani pakta integritas untuk menjaga kerahasiaan soal UN,” terangnya.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

PT Grafika akan mencetak seluruh soal dan lembar jawa­ban UN, mulai dari tingkat SMP, SMA dan sederajat de­ngan nilai kontrak mencapai Rp2,54 miliar. PT Grafika akan mencetak 16 juta hala­man soal dan lembaran jawaban UN. Pence­takan sudah dimulai dari Jumat (27/2) lalu untuk naskah soal SMA. Sementara UN SMP proses perce­takan akan dimulai 5 Maret 2015.

Dikatakan Dasril, PT Grafika diberikan tenggat waktu 88 hari kerja untuk mencetak semua lembar soal dan lembar jawaban UN. Ia mengatakan, optimis bisa menger­jakan percetakan ini dan bahkan ia yakin pekerjaan ini bisa di­ram­pungkan lebih cepat, dengan menge­rahkan empat mesin utama dan dua mesin cadangan yang di­miliki PT Grafika.

Baca Juga : Jadikan Padang Kota Bersih, Danlantamal II Ajak Warga Perang dengan Sampah

“Untuk cetak naskah soal dan lembar jawaban UN SMA bisa kita rampungkan 13 hari kerja, walaupun targetnya 16 hari,” tandasnya.

Untuk menghindari soal tertukar dikatakan Dasril, pihaknya akan menerapkan metode penyelesaian cetak dan pengemasan per bidang studi dan langsung dibagi per ka­bupaten/kota.

Baca Juga : Warga Sungai Sapiah Padang Mulai Berdatangan Menyambut Kedatangan Jenazah Angga

Sementara itu, berdasar jadwal Kementerian Kebudayaan Pen­didi­kan Dasar dan Menengah, pelak­sanaan UN tahun 2015, untuk ting­kat SMA/SMK dan sederajat akan dilak­s­a­nakan tanggal 13 hingga 15 April 2015, sedangkan untuk tingkat SMP sederajat akan dihelat pada tanggal 4 hingga 7 Mei 2015. (h/mg-isr)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]