Dinkes Optimalkan Peran Kader Kesehatan


Senin, 02 Maret 2015 - 19:12:36 WIB
Dinkes Optimalkan Peran Kader Kesehatan

“Kita optimalkan kader-kader yang ada di Pos Yandu untuk selalu memantau kese­hatan warga,” ucap Kepala Dinkes, drg. Hj. Erina, kepada Haluan di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, guna mene­kan angka gizi buruk, Dinkes terus mendorong agar masya­rakat peduli dengan kesehatan. Hal itu terus dilakukan lewat pengkaderan kesehatan, serta penyuluhan kesehatan yang langsung diisi oleh dokter-dokter yang ada di Kabupaten Dharmasraya, khususnya bagi mereka yang bergerak di bi­dang gizi.

Menurutnya, bagi balita yang terkena gizi buruk, ada beberapa langkah yang diberi­kan bagi pasien dan ibu pasien. Yakni perawatan di Puskemas TFC, RSUD dan dirumah TFG oleh Bides, memberikan bantuan makanan pendamping bagi keluarga gizi buruk dalam hal ini ibu balita di RSUD TFC, kerjasama dengan lintas sektor terkait untuk penanga­nan seperti dengan Dinas Na­kertransos, memberikan ma­kan tambahan berupa susu dan biscuit bagi penderita gizi buruk dan pemantauan ber­kala oleh tim bagi yang selesai dirawat.

Sementara untuk menge­tahui kondisi kesehatan mas­yarakat lewat kegiatan Pos Yandu ulasnya, ia juga terus melakukan penjaringan di kelompok-kelompok masya­rakat, dan membentuk kelom­pok pemulihan bagi penderita gizi buruk, serta melakukan sosialisasi dan revitalisa­si tentang nagari sadar gizi yang juga bekerjasama dengan Ba­dan Amil Zakat (BAZ).

“Apa yang dilakukan me­mang belum maksimal, tapi setidaknya sudah mengurangi angka gizi buruk di Kabupaten Dharmasraya ini. Kita ber­harap seluruh Pos Yandu serta nagari siaga yang ada untuk dapat bekerja optimal agar kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dapat pula semakin meningkat,” tutupnya. (h/mdi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]