Selangkah Lagi Menjadi Terbaik Sumbar


Senin, 02 Maret 2015 - 19:15:03 WIB
Selangkah Lagi Menjadi Terbaik Sumbar

Bupati Solok diwakili Ke­pa­la BPM Drs. Khairi Yusri, di hadapan tim penilai kelom­pok Dasawisma tingkat pro­vinsi mengatakan, manfaat kelompok Dasawisma cukup banyak di antaranya merajut hubungan rasa kekeluargaan sesama tetangga.

Baca Juga : Pengurus HIPMI 3 Daerah Dilantik Serentak di Payakumbuh

“Tentunya ke depan kegiatan yang dilakukan ke­lom­pok Dasawisma Nagari Sumani lebih ditingkatkan dan bisa dijadikan contoh bagi kelompok Dasawisma lainnya yang ada di Kabupaten Solok,” katanya.

Ditambahkannya, pemba­ngunan di suatu daerah tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya kontribusi dan implementasi dari kaum ibu-ibu, dalam melaksanakan 10 program pokok PKK.

Baca Juga : Amazing! Inilah 'The Power of Emak-emak' dari Pariaman yang Bikin Takjub

“Peran dari ibu-ibu PKK terutama kepada kelompok keluarga Dasawisma sangatlah penting dalam membantu ki­nerja pemerintah dalam me­lak­sanakan pembangunan dae­rah terutama di bidang pem­berdayaan perempuan,” pin­tanya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Kelompok Dasawisma Tingkat Provinsi Sumbar, Jal Thamrin bersama rombongan mengagumi kegiatan kelom­pok Dasawisma Nagari Su­mani. Karena anggota kelom­pok ini bersama masyarakat lainnya mampu melaksanakan kegiatan secara berkelompok dan terpadu.

Baca Juga : FOTO: Polisi Sita 49 Batang Kayu Balok Diduga Hasil Ilegal Logging

Untuk menjadi  yang ter­baik di tingkat provinsi, kata Jal Thamrin, tentu berda­sarkan hasil peninjauan ke lapangan. Berdasarkan hasil penilaian di lapangan itu nan­tinya ditetapkan siapa yang berhak mewakili Sumatera Barat ke tingkat nasional.

“Dari apa yang telah kami lihat di lapangan, Dasawisma ini cukup berpeluang untuk mewakili Sumatera Barat,” ujar Jal Thamrin.

Baca Juga : Polisi Sita 49 Batang Kayu Balok Diduga Hasil Ilegal Logging

Terkait dengan kategori penilaian, Jal Thamrin menga­takan, penilaian diambil dari sejauh mana pembinaan yang dilakukan TP-PKK setempat dalam memberdayakan ke­lom­pok Dasawisma yang ada dalam mewujudkan keluarga yang bahagia sejahtera, serta dapat memberikan manfaat kepada kelompok dan ma­syarakat daerah sekeliling.

Selain itu, katanya, juga dinilai pembinaan adminis­trasi dan pencatatan kelompok binaan TP-PKK yang ada, serta sejauh mana upaya yang telah dilaksanakan dalam me­man­faatkan lahan perkarangan yang dapat menopang pere­konomian rumah tangga dan peningkatan gizi keluarga.

Senada dengan itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny Hj Erlinda Syamsu Rahim, mengakui pembinaan yang dila­kukan tidak berarti tanpa cam­pur tangan dari instansi terkait yang ada di lingkungan peme­rintah setempat. Dikata­kannya, untuk me­nunjang ke­gia­tan admi­nistrasi kelom­pok Dasa­wisma, peme­rintah dae­rah juga mengang­garkan se­jum­lah dana di APBD Kabu­paten Solok.

“Pembinaan yang telah kita lakukan diantaranya, peman­tapan gerakan PKK dengan 10 program pokok PKK bagi ketua Dasawisma, dan untuk mengetahui pre­sentase binaan yang telah dipahami, TP-PKK melalui masing-masing pokja juga mela­kukan monitoring dan penilaian secara berta­hap,” ujar Erlinda.(h/eri)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]