Wabup Tanam Perdana Sawah Tadah Hujan


Senin, 02 Maret 2015 - 19:16:49 WIB
Wabup Tanam Perdana Sawah Tadah Hujan

Hadir Kepala BP4K Limapuluh Kota Deswan Putra, Camat Pangkalan, Andri Yasmen, Danramil Pangkalan, Kapten Haryadi, Kepala BP3K Pangkalan Raflis, Wali Nagari Pangkalan, Dis­wanto dan penyuluh pertanian kecamatan. “Ma­syarakat daerah ini hendaknya mampu me­ning­katkan produksi beras, jika produksi beras petani meningkat, selain dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga, juga dapat menambah pendapatan keluarga. Walau tanaman padi bukan menjadi mata pencarian utama, karena sebagian besar warga Kecamatan Pangkalan Koto Baru, bekerja di sektor perkebunan kelapa sawit dan karet. Selain itu komoditi gambir.

Dikatakan, terkadang kondisi ketiga komoditas itu harganya sering fluktuasi, sehingga akan mempengaruhi pendapatan masyarakat. Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi hal ini dengan meningkatkan hasil produksi beras, para petani dapat menjual beras untuk keperluan sehari-hari. Lagipula beras merupakan ke­butuhan pokok masyarakat yang tidak dapat diting­galkan,”imbuhnya. Sementara itu, Kapten Haryadi juga mengatakan, tentang keberadaan TNI dalam upaya menyukseskan swasembada pangan. “Kami sebenarnya dari tingkat pusat sudah ada semacam MOU antara Panglima TNI dengan Kementerian Pertanian tentang Ke­tahanan Pangan. Saat rapat pimpinan TNI di Kalimantan beberapa waktu yang lalu, yang dipimpin oleh Presiden RI, TNI juga diminta agar segera turun kesawah untuk mem­bantu program Ketahanan Pangan dan selama tiga tahun kedepan kita harus surplus beras,”ujarnya.

Wali Nagari Pangkalan, Diswanto juga me­ngapresiasi dengan diadakannya Demplot Budidaya Padi pada sawah tadah hujan tersebut. Raflis selaku Kepala BP3K Pangkalan, mengatakan, demplot ini baru pertama kali diadakan di Kecamatan Pang­kalan. Karena sawah disini belum pernah tersentuh teknologi, dimana produksi padi hasil disini 2,5 ton sampai 2,8 ton perhektar. Kedepan diupayakan peningkatan produksi menjadi 5 ton per hektare. (h/zkf)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]