Kenaikan LPG 12 Kg Belum Pengaruhi Permintaan


Senin, 02 Maret 2015 - 19:31:40 WIB
Kenaikan LPG 12 Kg Belum Pengaruhi Permintaan

Adapun harga LPG kema­san 12 kg naik Rp 5.000 per tabung di tingkat agen. Dengan demikian, harga LPG ini kem­bali ke level semula Rp 134.000 per tabung, seperti sebelum penurunan pada 19 Januari 2015. Kenaikan ini juga imbas dari harga patokan LPG internasional, yakni CP Aramco, ke level US$ 460-US$ 470 per ton, seperti De­sem­ber 2014.

Baca Juga : Warga Sungai Sapiah Padang Mulai Berdatangan Menyambut Kedatangan Jenazah Angga

Sales Representative Per­tamina Regional 1 Padang Sulistya Adi menyatakan de­ngan kenaikan LPG 12 kg Rp5.000 per tabung untuk wilayah Padang menjadi Rp140.000 per tabung dan untuk Payakumbuh Rp138.200 per tabungnya.

Sementara itu, salah satu agen resmi LPG 12 kg Teten Gazali, Cristine mem­benar­kan adanya kenaikan tersebut. Jika pembeli atau pihak pang­kalan datang dan menjemput langsung ke agen harganya Rp140.000 per tabung semen­tara jika diantarkan ke alamat dan pangkalan menjadi Rp145.000 per tabungnya.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami

“Ini kan hari pertama ke­nai­kan ya, jadi kita belum bisa meli­hat apakah menurun atau meningkat jumlah permintaan ini. Tapi belajar dari penga­laman sebelumnya, jika seperti ini akan terjadi penurunan,” ungkapnya, Senin (2/3).

Hal yang sama juga dika­takan oleh agen resmi Elli dari PT Adipura Persada Andalas yang ada di Jalan Hamka no­mor 58 menga­takan memang terjadi kenai­kan HET LPG, namun pihaknya belum bisa melihat sejauhmana pengaruh kenai­kan tersebut pada kon­sumen.

Baca Juga : Layanan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Padang Teken MoU dengan Puskesmas Anak Air

“Harga yang ditetapkan oleh Pertamina Rp140.000 per ta­bung­nya, untuk harga agen beda lagi yang jelas Pertamina menetapkan segitu untuk ting­kat agen,” ujarnya.

Seorang pengecer LPG 12 di kawasan Pasar Baru Didi mengaku belum menaikkan harga gas 12 kg, karena perse­diaan yang ada masih modal lama yang dibeli dengan harga Rp135.000 per tabung.

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

“Untuk kenaikan gas 12 kg ini saya sudah mengetahuinya kemarin tanggal 1 Maret, tapi saya tidak menaikkan harganya karena ini kan masih stok lama, jadi saya belum menaik­kannya,” ujarnya.

Kenaikan LPG 12 kg ini ternyata tidak diketahui oleh beberapa pe­nge­cer, contohnya saja saat Haluan bertanya pada salah seorang penge­cer di kawasan Pasar Baru, Zakaria mengaku belum mengetahui kalau harga LPG 12 kg naik.

Ketua Hiswana Migas Rin­to Wijaya menyatakan sampai saat ini belum ada kenaikan harga untuk LPG 3 kg, untuk pasokannya pun masih dalam keadaan normal.

“Kita juga tidak meminta tamba­han pasokan untuk LPG 3 kg, karena di Padang kan masih beredar mi­nyak tanah jadi permintaan juga tidak terlalu meningkat untuk LPG 3 kg,” ulasnya.

Untuk harga LPG 3 kg di tingkat agen masih Rp17.000 per tabungnya, sedangkan pada tingkat pengecer harganya sangat beragam. Mulai dari Rp18.000 per tabung hingga Rp22.000 per tabung.

Pantauan Haluan, Senin (2/3) di kedai-kedai yang menjual gas, kenai­kan gas LPG ini ternyata bervariasi. Ada yang mengatakan masih men­jual dengan harga lama karena masih modal lama dan ada yang akan menjual dengan harga sekarang karena ingin mengikuti harga pasar.

Ani (29), Pemilik kedai di Kom­plek Filano Jaya Parak Karakah mengatakan bahwa dengan keluar­nya kebijakan soal kenaikan gas LPG, ia akan mengikuti harga pasar. Sebelumnya, ia menjual gas 12 kg dengan harga Rp140.000-Rp145.000 per tabung, namun saat ini ia akan menjual harga LPG 12 kg sesuai pasaran kisaran Rp150.000 per tabung meski masih dengan stok lama.

Namun, berbeda dengan Kedai Ari, yang berada di Jalan Banuaran yang mengatakan bahwa masih menjual harga gas LPG 12 kg dengan harga sebelumnya kisaran Rp140.000-Rp143.000 per tabung.

“Harga masih sama dengan sebelumnya karena belum ada pem­beritahuan dari pangkalan tempat saya mengambil gas ini. Namun jika nantinya memang telah disepakati akan dinaikkan maka harga akan saya naikkan juga,” paparnya.

Sementara itu, untuk harga gas LPG 3 kg masih sama dengan harga sebelumnya Rp17.000-Rp19.000 per tabung di kedai-kedai. (h/mg-rin/win)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]