Zulkifli Menang, Fauzi ‘Bangkit’


Senin, 02 Maret 2015 - 19:38:49 WIB
Zulkifli Menang, Fauzi ‘Bangkit’

Ketua DPD PAN Kota Padang Fauzi Bahar yang dihu­bungi pascaterpilihnya Zulkifli Hasan menilai kemenangan tersebut sebagai bagian dari proses demokrasi yang tak terlepas dari pilihan dan konsekuensi. Namun, sebagai catatan yang patut diacungi jempol adalah, PAN telah mempertontonkan kepada seluruh war­ga Indonesia akan indahnya demokrasi.

Baca Juga : Polisi Bekuk Kurir Sabu di Pinggir Jalan, Sejumlah Barang Bukti Disita

“Anda lihat sendiri kan, semua perbedaan yang terjadi sebelum pe­milihan, mencair ketika proses pemi­lihan mengantarkan Zulkifli Hasan sebagai pemenang. Semua berang­kulan dan semua kembali menjadi satu,”kata Walikota Padang dua periode ini.

Untuk Sumbar sendiri, Fauzi mengajak seluruh komponen PAN bersama-sama menyiapkan langkah menghadapi pesta demokrasi yang akan dilangsungkan pada tahun 2015 ini, dimana akan dilaksanakan 13 Pilkada kota dan kabupaten serta satu Pilgub. Ada nilai-nilai keme­nangan yang hendaknya juga terta­nam di seluruh kader PAN di Sum­bar untuk memenangi simpatik rak­yat pada Pilkada serentak tahun ini.

Baca Juga : Kota Padang Punya Kran Air Siap Minum, Ini Lokasinya

Disebut sebagai orang yang be­r­un­tung karena ada dalam barisan pendukung Zulkifli, Fauzi yang telah mencalonkan diri maju sebagai calon gubernur dari PAN tak mau jemawa. “Saya yakin partai ada mekanisme dan saya meng­hor­matinya,”elak Fauzi ketika diplo­matis ketika namanya dikait-kaitkan sebagai sosok yang beruntung atas dukungan ke Zulkifli Hasan.

Hal yang nyaris senada juga dipaparkan Ketua DPD PAN Kabu­paten Agam, Syamendra. Ia men­dukung sepenuhnya terpilihnya Zulkifli Hasan. Menurutnya beliau adalah sosok yang cakap untuk memimpin partai itu.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Targetkan Penurunan Kebocoran Air 1-2 % Tahun 2021

“Pada prinsipnya PAN  Kabu­paten Agam, mendukung siapapun yang terpilih dalam kongres IV PAN di Nusa Dua Bali. Persaingan, itu biasa. Tidak ada pihak yang kalah dan yang menang, semuanya bertu­juan untuk kemaslahatan partai,” kata Syamendra, Senin (2/3).

Menurutnya, rekam jejak Zul­kifli Hasan tidak diragukan lagi. Ia pernah menjabat di beragam orga­nisasi, sebagai menteri, dan sekarang menjadi Ketua MPR RI.  Kelebihan Zulkifli diharapkan mampu mem­bawa PAN jauh lebih baik pada masa masa mendatang.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Genjot Kapasitas Produksi Air Bersih 50 Liter Per Detik

“Perjalanan karir Bapak Zul sudah sangat matang.  Kiprah beliau di ranah politik tidak dapat diragu­kan lagi.  Kita berharap itu menjadi dampak yang bagus kepada partai secara keseluruhan,” jelasnya.

Rangkul Pendukung Hatta

Apa yang disampaikan dua Ke­tua DPD PAN di Sumbar itu juga ter­gambar dalam langkah politis perdana dari sang ketua umum. Dalam proses pemilihan tim for­matur, Zulkifli Hasan akan me­nunjuk 12 orang anggota tim for­matur untuk menyusun kepe­ngu­rusan. Ketua Dewan Ke­hormatan (Wanhor) PAN terpilih Amien Rais memastikan bahwa akan ada pen­dukung Hatta di tim formatur tersebut.

“12 Formatur ini tidak mungkin dari Pak Zul saja. Pasti akan minta supaya teman-teman yang selama ini kerja untuk Hatta masuk juga,” kata Amien usai acara penutupan Kong­res IV PAN di The Westin Hotel, Nusa Dua, Bali, Senin (2/3/2015).

Amien sudah berpesan bahwa siapapun yang menang di pemilihan ketua umum ini harus bisa merang­kul semua kubu. Posisi-posisi ter­ten­tu pun disiapkan untuk kubu Hatta.

“Yang bijak, rangkul semuanya. Yang menang tidak boleh the winner takes all. Tapi duduk bersama,” ucap mantan Ketua MPR ini.

Amien juga bersyukur karena Kongres IV bisa berjalan dengan lancar meski ada insiden ‘kursi melayang’. Ia yakin bahwa PAN tidak akan pecah setelah kongres.

“Sekalipun ada kursi terbang, tapi akhirnya mulus. Tidak retak. Tidak ada PAN tandingan lalu pergi ke Ke­menkum HAM. Kongres Nusa Dua sukses jadi iklan gratis,” ujar Amien.

Tinggalkan PAN

Namun, suasana berbeda justru datang dari Ketua DPD PAN Bukit­tinggi, Fauzan Havis. Haviz saat dikonfirmasi Haluan melalui tele­pon genggamnya, tidak mau ber­komentar sedikitpun terkait hasil pemilihan Ketua DPP PAN terse­but. Disinyalir Fauzan Havis ada dalam barisan pendukung Hatta Rajasa.  “No Coment,” ujar Fauzan Haviz.

Saat ini, sejumlah pengurus dan anggota PAN Bukittinggi masih berada di Pulau Bali. Rencananya, rombongan ini baru akan kembali ke Bukittinggi pada Selasa (3/3) pagi.

Langkah ekstrim justru diambil pengurus DPD PAN Padang, Nov­rian­to. Wakil Ketua DPD PAN itu menyatakan pengunduran dirinya dari kader PAN, lantaran kecewa dengan hasil kongres PAN di Bali.

Pengunduran dirinya dari partai berlambang matahari tersebut, disertai dengan pendaftaran secara langsung ke Partai Persatuan Indo­nesia (Perindo) untuk menjadi calon Ketua partai Perindo Padang, Senin (2/3) di DPW Perindo Jalan Raden Saleh Padang untuk mengambil formulir pendaftaran.

Ucok menyebut ia memilih keluar dari partai karena kecewa dengan kongres di Bali yang dini­lainya berjalan tidak demokratis. “Pendiri PAN, Amin Rais yang terang-terangan memperlihatkan dukungan atau memenangkan salah satu calon Ketum. Padahal sebagai seorang pendiri partai yang didahu­lukan selangkah harus netral. Di situ saya rasa kecewa,” ungkapnya.

Ketua DPW Perindo Sumbar, HM Tauhid mengatakan, setiap calon yang mendaftar harus mengisi formulir dulu untuk diajukan ke pusat, kalau pendaftarannya dite­rima, maka dia akan diberi mandat untuk membentuk kabinet kepe­ngurusan DPD Kota Padang.

Menanggapi ini, Ketua DPD PAN Kota Padang, Fauzi Bahar mengatakan, kalau pengurus biasa (bukan anggota dewan) lompat pagar biarkan saja, karena itu adalah hal politiknya. Tapi kalau dia ang­gota dewan, maka dia harus di Pen­ggantian Antar Waktu (PAW).(h/mg-rin/wan/mat/yat)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]