Pessel Masih Waspada Ledakan Penduduk


Selasa, 03 Maret 2015 - 18:45:38 WIB
Pessel Masih Waspada Ledakan Penduduk

Dibandingkan target RPJP Pesisir Selatan proyeksi pen­duduk Pesisir Selatan jauh meleset dimana pada tahun 2015 hanya di proyeksi sebesar 472.801 dengan pertumbuhan rata rata sekitar 1,2 persen setahun. Sementara proyeksi 2010 dan 2011 hanya sebesar 447.634 orang, namun kenya­taaannya mengalami lonjakan sangat signifikan.

“Pessel juga pernah mengalami lonjakan pendu­duk yang hebat pada rentang tahun 2000 - 2005 lalu yaitu mencapai 1,6 persen, namun setelah itu berhasil mengen­dalikannya menjadi 1,1 persen setahun lewat prog­ram Keluar­ga Beren­cana,” kata  Wakil Bupati Pessel Editiawarman.

Sementara itu Bappeda Pesisir Selatan menilai per­tam­bahan jumlah pen­duduk di Pesisir Selatan bisa dilihat dari dua hal. “Per­tama jumlah pen­duduk yang banyak disatu sisi bisa di sebut sebagai potensi sumberdaya, namun di sisi lain jumlah yang banyak juga men­jadi tantangan bagi pemba­ngunan Pesisir Selatan,” kata Erizon, Kepala Bappeda Pes­sel. Menurutnya, dengan ber­tam­bahnya penduduk Pe­sisir Selatan akan menye­babkan terjadinya pengalihan lahan pertanian menjadi lahan peru­mahan.

Jika dalam 20 tahun saja terjadi peningkatan penduduk sebesar 25 persen, tentu ju­ga­akan terjadi pegalihan lahan sebesar itu. Hal ini merupakan tantangan berat bagi pening­katan produksi pertanian dae­rah.

Namun peningkatan pen­duduk adalah potensi SDM dan tantangan bagi pelayanan publik dalam tahun tahun mendatang.

Wakil Bupati Pessel Edi­tia­warman menyatakan, dari setengah juta penduduk yang ada, maka sebanyak 340.737 jiwa merupakan wajib KTP.

“Pendataan akan terus dila­kukan. Pendataan jumlah pen­du­duk dilakukan agar pena­taan terhadap pelayanan dan penertiban administrasi ke­pen­dudukan lebih baik.,” katanya.

Pelaksanaan administrasi kepen­dudukan di Pessel menu­rutnya merupakan komitmen dan konsistensi pemerintah daerah dalam penataan yang lebih baik terhadap pelayanan dan penertiban administrasi kependudukan.(h/har)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]