6 Kedai dan Mobil Terbakar


Selasa, 03 Maret 2015 - 19:29:06 WIB
6 Kedai dan Mobil Terbakar

Informasi yang didapatkan Ha­luan, bangunan yang terbakar di antaranya, gudang ban bekas milik Bot (42),  warung stiker (acecories) milik Kamba (34), kedai profil kayu, pemilik Ajo Man (40), kedai minu­man dan makanan 2 petak, pemilik  Eti (48), kedai variasi mobil/kaca film mobil milik Dasrul (36).

Baca Juga : Masa Reses DPRD Padang, Irawati Meuraksa Siapkan Program Tepat Guna untuk Masyarakat

Menurut salah seorang saksi mata, Rul (45), api berasal dari salah satu kedai di lokasi tersebut, karena cuaca pada hari itu cukup panas dan material yang berada di kedai dan toko tersebut mudah terbakar, de­ngan cepat api menjalar dari satu bangunan ke bangunan lainnya. “Kemungkinan salah seorang pemi­lik kedai tengah memasak dengan menggunakan kompor  gas,” ujar Rul kepada petugas.

Pantauan Haluan, saat terjadi kebakaran jalan By Pass sempat ditutup sekitar satu jam lebih agar proses pemadaman api tidak ter­ganggu. Warga juga berdatangan untuk menyaksikan secara langsung peris­tiwa ini hingga kemacetan tak ter­elakkan, lalu lintas terlihat semrawut.

Baca Juga : Ada Perbaikan Pipa Perumda AM Kota Padang di Lubuk Minturun, Siap-siap Tampung Air!

Petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api, se­dang­kan petugas kepolisian terus berusaha mengatur lalu lintas di setiap per­simpangan untuk me­ngendalikan kendaraan-kendaraan yang hendak melintas di lokasi kejadian.

Menurut Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Kuranji, Kompol Asril Prasetya, pihaknya terpaksa menu­tup jalur by pass ini dan mengalihkan pengendara ke jalur lain.

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

“Informasi sementara kebakaran akibat tabung gas meledak. Kita terpaksa menutup jalur By Pass agar  proses pemadaman dan lalulintas mobil damkar tidak terganggu,” jelas Asril kepada Haluan, Selasa (3/3) di lokasi kebakaran.

Asril yang terlihat langsung turun mengamankan lalulintas juga me­ngerahkan puluhan anggotanya untuk bekerjasama dan saling bahu membahu dengan petugas lainnya dalam menangani peristiwa ini.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

Sementara, Kepala Badan Pe­nang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Dedi Hen­nidal mengatakan, setelah mendapat laporan kejadian ini, pihaknya langsung meluncur ke lokasi dengan kekuatan penuh. Tidak hanya itu, mobil Damkar milik PT Semen Padang dan Dinas Kehutanan juga ikut membantu memadamkan api. “Berkat kekompakan dan kerjakeras petugas termasuk dari pihak-pihak lain yang membantu, api berhasil dipadamkan,” pungkas Hennidal.

Peristiwa ini juga mendapat perhatian dari salah seorang anggota DPRD Kota Padang, Iswandi Mukh­tar. Setelah api berhasil dipadamkan, Iswandi bersama rekan-rekannya menyambangi lokasi kebakaran dan menemui para korban, serta minta data-data korban dari ketua RT setempat yang bernama Riki.

Iswandi juga mengaku telah ber­koor­dinasi dengan Dinas Sosial Te­naga Kerja (Disosnaker) Kota Padang dan Bazda Kota Padang terkait pena­nganan sementara musi­bah kebakaran ini. “Insya Allah nanti dinas terkait dan Bazda akan kirimkan tenda, selimut dan bahan makanan  untuk para korban,” pungkasnya. (h/mg-fds)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]