Difteri Disosialisasikan Lintas Sektoral


Rabu, 04 Maret 2015 - 18:41:52 WIB
Difteri Disosialisasikan Lintas Sektoral

Bupati Padang Pariaman, yang diwakili Sekretaris Da­erah, Jon Priadi SE MM se­cara resmi membuka acara sosialisasi ini di Hall Padang Pariaman, Senin (2/3).

Baca Juga : Dirjen PPKL KLHK Tawarkan Empat Pendekatan Atasi Banjir Kalsel

Bupati Padang Pariaman dalam sambutannya, meng­apresiasi dan sangat men­dukung penuh kegiatan ini, karena Kabupaten Padang Pariaman merupakan kabu­paten yang langsung bersen­tuhan dan berbatasan dengan Padang.

Untuk menghindari me­luas dan mewabahnya penyakit difteri ini di Padang Pariaman, diharapkan semua pihak diha­rapkan saling bahu membahu dalam mengatasi penyakit berbahaya ini.

Baca Juga : Dishut Sumbar Targetkan ITH Sebesar 61% Tahun Ini

Bupati juga menghimbau semua stakeholder agar bisa saling menyemarakkan sosia­lisasi terhadap bahaya penyakit difteri ini, mulai dari unsur muspida maupun SKPD, yang berada di lingkungan Padang Pariaman.

Dengan mudahnya penu­laran penyakit difteri ini di­him­bau semua masyarakat mengetahui tentang akibat dari penyakit ini, agar kabupaten sehat yang diharapkan bisa diwujudkan secara bersama untuk masyarakat yang sehat.

Baca Juga : KPHP Dharmasraya Usulkan Perluasan Wilayah Kerja Pengelolaan Hutan Sosial

Sementara itu Kepala Di­nas Kesehatan Padang Paria­man, Dr Aspinuddin sebagai ketua panitia mengatakan, tujuan dari sosialisasi agar nantinya pengetahuan tentang bahaya penyakit difteri juga bisa disosialisasikan kepada masyarakat sekitar, terutama puskesmas dan posyandu se­bagai ujung tombak tempat mengadu masyarakat terdekat yang sewaktu-waktu mendapat gejala maupun penyakit difteri.

Dari data yang didapat dari puskesmas dan posyandu, kor­ban yang sangat rentan ter­hadap penyakit difteri berusia 5 tahun hingga 15 tahun.

Baca Juga : 17 Kabupaten/Kota di Sumbar Jadi Prioritas Pemberian Vaksin Kedua

“Usia ini mesti mendapat imunisasi dari puskesmas maupun posyandu terdekat agar dapat terhindar dari pe­nyakit mematikan ini,” kata Aspinuddin.

Sementara itu pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar yang diwakili Dr. dr Ire­ne, M.KM, menjelaskan virus dif­teri ini mudah sekali me­nular kepada manusia, karena sum­ber penyakit ini juga ber­asal dari manusia tersebut.

Irene menambahkan pe­nya­kit difteri (Cery­ne­beba­cte­rion diphtherne) merupakan penyakit yang disebakan oleh kuman yang sangat mudah menular dan berbahaya dapat menyebabkan kematian pada manusia. (h/ded)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]