Bersih Saat Menstruasi


Kamis, 05 Maret 2015 - 18:52:02 WIB
Bersih Saat Menstruasi

Selama menstruasi, ada ruang tamba­han bagi kuman untuk berkumpul dan menginfeksi tubuh akibat lebih banyak berkeringat dan keluarnya cairan dari vagina. Akibatnya kesehatan seseorang juga bisa terpengaruh.

Dan menjaga kebersihan merupakan salah satu cara aman untuk mencegah kuman dan infeksi yang nantinya bisa merusak kulit, sistem pernapasan, sistem gastrointestinal serta mengganggu ruti­nitas normal kehidupan.

Hal ini karena darah yang keluar saat menstruasi berasal dari organ repro­duksi, maka kondisi ini harus ditangani dengan benar dan hati-hati sehingga kebersihan daerah pribadi menjadi hal yang penting.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dan higienitas selama menstruasi, seperti dikutip dari Lifemojo, Rabu (11/5/2011) yaitu:

1.  Usahakan untuk membawa tisu di dalam tas yang bisa digunakan kapan pun termasuk dalam keadaan darurat.

2.  Ganti pembalut minimal 3 kali sehari untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap.

3.  Mandi dua kali sehari dan membersihkan daerah vagina untuk menyingkirkan kuman yang mungkin terkumpul akibat cairan dari tubuh.

4.  Membilas dari arah depan ke belakang dengan menggunakan air me­nga­lir lalu mengeringkannya dengan tisu untuk mencegah timbulnya kondisi lembab.

5.  Jangan menggunakan parfum, semprotan atau bedak secara langsung ke vagina.

6.  Gunakan pakaian dalam yang bisa menyerap keringat dengan baik, karena pada saat menstruasi umumnya jumlah keringat lebih banyak.

7.  Sebaiknya cukur rambut pubis menjelang menstruasi, karena kemung­kinan ada cairan yang menempel di rambut tersebut dan menyebabkan infeksi.  (h/dtc)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]