TNI Ikut Buru Rampok Emas


Kamis, 05 Maret 2015 - 19:27:10 WIB
TNI Ikut Buru Rampok Emas

“Memang belakangan, Sum­bar diguncang dengan kasus perampokan. Maka kami menu­runkan anggota ke lapa­ngan untuk ikut membantu Polri dalam menangani kasus peram­pokan tersebut,” kata Widagdo.

Menurutnya, pasca terjadi perampokan tersebut anggota Intel TNI AD telah turun ke lapangan. Dalam setiap gerak­nya di lapangan, disebut jende­ral bintang satu itu, anak buah­nya dari unit Intel itu selalu berkoordinasi dengan pihak Polres dan Polda Sumbar.

“Mudahan-mudahan da­lam waktu dekat, kasus pe­ram­pokan dapat terungkap,” harapnya.

Sementara itu, Polri sen­diri tak kalah gesit. Kapolda Sum­bar, Brigjen Bambang Sri Her­wanto melalui Kabid Hu­mas AKBP Syamsi, telah meng­in­truksikan seluruh jajaran Polres untuk membentuk tim pe­ni­n­dakan dan pengusutan.

“Bapak Kapolda sudah jauh-jauh hari mengintrusikan kepada seluruh Kapolres di Sumbar terkait hal ini dan sekarang tim itu sudah ber­jalan,” ujar Syamsi kepada Haluan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (5/3).

Namun bila hasilnya belum maksimal, tentu hanya perlu pening­­katan kinerja tim, tidak perlu penam­bahan personel atau bahkan menge­rahkan korps-korps lain untuk mena­ngani dan mengantisipasi kasus ini.

“Kita berdayakan saja kekuatan yang sudah ada, penambahan atau mensiagakan (standby) pasukan juga kurang efektif, karena pelaku peram­pokan juga sudah sangat cerdik memanfaatkan peluang dan kesem­patan untuk beraksi,” jelas Syamsi.

Di samping itu, koordinasi antar Polres-Polres juga terus diting­katkan, terutama untuk berjaga-jaga di wilayah perbatasannya masing-masing. “Kalau perampok kabur dan keluar dari suatu wilayah, maka pihak Polres bersangkutan bisa secepatnya berkoordinasi dan mela­ku­kan pengejaran terhadap pelaku yang telah berada di wilayah Polres yang bersangkutan,” terang Syamsi.

Syamsi juga mengimbau kepada masyarakat, agar meningkatkan kewaspadaannya dan diminta proak­tif untuk menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan masing-masing. Terutama bila membawa harta (uang) dengan jumlah besar, jangan segan-segan untuk meminta pengawalan dari pihak kepolisian agar keamanannya lebih terjamin.

Kapolres Solok Kota, AKBP Guntur Hindarsyah. SIK, SH, MH yang dihubungi Haluan melalui tele­pon­nya mengatakan pihaknya sudah mendapatkan petunjuk. Ha­nya saja, untuk memperkuat petun­juk-petunjuk tadi pada penyelidikan, mereka masih kelimpungan terkait saksi.

“Dua Kasus tersebut  saksinya minim,”kata perwira yang sebe­lumnya bertugas sebagai Kabag Bin­kar Biro SDM Polda Bengkulu ini.

Ketika didesak apa-apa saja petunjuk yang sudah dikantongi tim Reskrim polres setempat, Guntur enggan menyebutkan secara detail. Ia menyebut, demi kepentingan penyelidikan, hal tersebut belum bisa dipublish. “Yang jelas hal itu coba kami kaitkan untuk mene­mukan titik terang mengungkap dua kasus terse­but,”sebutnya lagi.

Terpisah, Koordinator Indo­nesian Police Watch (IPW) Ilhamdi Taufik menilai untuk mengantisipasi hal seperti ini, polisi harus menge­depankan langkah antisipatif ketim­bang reaktif.  Modus operandi pelaku kejahatan makin beragam, termasuk salahsatunya perampokan dengan menggunakan senjata api yang semakin marak akhir-akhir ini. Inilah yang harus diantisipasi.

Menurutnya, langkah antisipatif  harus dilakukan oleh penegak hu­kum untuk menekan angka kriminal di tengah-tengah masyarakat. Pen­dekatan intelektual juga perlu seiring tingginya intelektual para penjahat dan perampok yang beraksi. “Polisi harus lebih intelek dari penjahat,” ujar Ilhamdi.

Ditanya soal langkah tembak di tempat, menurut Ilhamdi hal ini bukan solusi untuk menghentikan perampok. Ia menilai itu merupakan tindakan main hakim sendiri se­hingga kalau perampok yang tertem­bak itu tewas, maka polisi juga tidak bisa menyelidiki dan mengem­bangkan sebuah kasus lebih lanjut.

“Harus dilakukan refreshing ilmu kepolisian sehingga tercipta “smart police” untuk melakukan antisipasi terhadap kejahatan yang semakin terkesan intelek,” pungkas Ilhamdi. (h/mg-fds/nas)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]