6 Warga Berhasil Dievakuasi


Kamis, 05 Maret 2015 - 19:32:21 WIB
6 Warga Berhasil Dievakuasi

Enam dari 11 orang warga ini, hilang saat menyusul dan mencari anggota keluarga me­re­ka, Bujang (37), di Hutan Pakau di puncak Bukitbarisan, yang lebih dulu menghilang. Namun, Bujang kini sudah berhasil ditemukan pada Sela­sa (3/3) lalu. Sementara, yang enam orang tersebut baru dite­mukan Kamis (kemarin-red) oleh tim gabungan, Tim Seru 5.

Mereka yang telah berhasil ditemukan adalah Redi Mul­yadi (37), Syafril (30), Yaumil Akmad (19), Safarudin (38), Andre Saputra (21), Edrizal (34), ditemukan di lereng Bukit Pakau pada pada keting­gian 1.300 dpl.

Pada upaya pencarian ini, Tim Seru 5 berangkat dari arah Lubuksikaping menuju Jorong Patamuan Nagari Muaro Su­ngailolo. Tim ini berang­gota­kan 11 orang, terdiri dari peng­giat merapi dan masyarakat. Saat mencari, pada ketinggian 1300 dpl, tim ini mendengar suara teriakan.

Kepala BPBD Pasaman M. Sa­yuti Pohan menyebutkan, penemuan terha­dap enam orang korban ini sekitar pukul 12.00 WIB, di mana Tim Seru 5 mendengar teriakan korban di bukit sebelahnya lagi. Tim seru 5 langsung berkoordinasi de­ngan posko utama dan melaporkan temuan mereka.

Setelah dipastikan titik koor­dinat suara tersebut, dari posko uta­ma dikirim tim evakuasi. “Korban hanya 6 orang, tidak utuh jumlah mereka yang seharusnya 11 orang. Korban langsung dievakuasi dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuksikaping,” pungkas MS Pohan.

Hanya berselang satu jam lebih, tim evakuasi berhasil menemukan keberadaan enam orang korban tersebut. Kondisi semuanya sudah sangat lemah dan terbaring sakit. Barulah sekitar pukul 15.00 WIB, para korban sudah mendapatkan perawatan di RSUD setempat.

Kini, lima orang korban masih dirawat di RSUD Lubuksikaping kecuali Yaumil Akmad yang sudah bisa dibawa pulang.

MS Pohan menyebutkan, para korban yang tersesat ini berpisah dalam dua kelompok. Satu ke­lompok berjumlah enam orang, adalah mereka yang harus balik ke Lubuksikaping pada Senin (2/3) sore, sedangkan satu tim lagi terdiri dari lima orang melanjutkan perja­lanan menyusul Bujang.

“Mereka berpisah di Sungai Pakau, karena hendak menyeberang sungai. Sebagian dari mereka balik karena tidak pandai menyeberang sungai dengan kondisi air sungai sedang bertambah,” katanya.

Nahas bagi yang enam orang itu, niat hati hendak balik ke rumah untuk menyampaikan kabar dari lima saudaranya yang lain, namun mereka pun kesasar. Wakil Bupati Pasaman Daniel meminta BPBD melalui tim terus melakukan pen­carian terhadap lima orang warga yang masih dinyatakan hilang.

“Sekarang sudah ada titik terang terhadap warga yang hilang di Bukit Barisan. Setelah enam orang yang ditemukan hari ini (kemarin-red). Keterangan mereka sangat mem­bantu tim untuk mencari dan meng­evakuasi lima orang lagi,” pungkas Daniel.

Pantauan Haluan di lapangan, setiap saat warga Lubuksikaping masih penasaran dengan kondisi para korban hilang tersebut. Kantor wali nagari yang dijadikan posko utama pencarian orang hilang itu selalu dipadati pengunjung. Belum lagi ketika dapat kabar sudah dite­mukan enam orang, warga ber­bondong-bondong menanti di tepi Bukit Pakau memadati jalan Jorong IV Kampuangbaru Benteng Nagari Tanjung Beringin. (h/col)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]