Pertumbuhan Perekonomian Sumbar 2014 Melemah


Jumat, 06 Maret 2015 - 19:00:29 WIB

Menurut dia, perlambatan pertumbuhan ekonomi Sum­bar tersebut sejalan dengan perlambatan perekonomian di hampir seluruh provinsi lain­nya di wilayah Sumatera dan nasional.

Menurunnya kinerja ek­s­por, tambahnya, menjadi fak­tor utama penurunan eko­nomi Sumatera Barat karena turun­nya permintaan ekspor dari negara mitra dagang utama. “Selain itu terus melemahnya harga komoditas CPO atau minyak sawit dan karet ber­dampak pada penurunan ki­ner­ja ekspor pada 2014,” kata dia.  Sementara pada sisi lain, menguatnya konsumsi domes­tik dan investasi mendorong kebutuhan impor yang lebih tinggi. Meskipun demikian, me­ning­katnya konsumsi rumah tangga dan investasi mampu menahan penurunan ekonomi Sumatera Barat lebih dalam, ujar dia.

Dari sisi sektoral, perlam­batan ekspor berdampak pada melambatnya pertumbuhan lapangan usaha perda­gangan­besar dan eceran serta lapa­ngan usaha transportasi dan pergudangan.

“Menurunnya kegiatan ek­spor berdampak pada menu­runnya aktivitas perdagangan dan transportasi,” kata dia.

Kemudian, pembatasan kuota BBM yang sempat dila­ku­kan dan imbas kenaikan harga BBM turut berdampak pada menurunnya arus tran­sportasi dan distribusi barang.

Sementara Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Daerah Bank Indonesia Per­wakilan Sumbar Erwin Syafii mengatakan perlambatan eko­nomi yang lebih besar dapat tertahan oleh kinerja lapangan usaha pertanian dan industri pengolahan yang cukup cemer­lang di tahun 2014. “Pening­katan hasil produksi tanaman bahan makanan khususnya beras dan sejumlah hasil perke­bunan mampu mendorong perbaikan pertumbuhan k­e­dua lapangan usaha tersebut,” kata dia. (h/ans)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 08 Juni 2020 - 14:01:12 WIB

    Kuartal Pertama 2020, Pertumbuhan Ekonomi Jepang Sudah Minus 2,2%

    Kuartal Pertama 2020, Pertumbuhan Ekonomi Jepang Sudah Minus 2,2% HARIANHALUAN.COM - Pertumbuhan ekonomi Jepang tercatat minus 2,2%. Mengutip Reuters angka ini lebih rendah dibandingkan prediksi sebelumnya yakni minus 3,4%..
  • Ahad, 08 November 2015 - 19:59:22 WIB

    Pertumbuhan Ekonomi Sumbar Anjlok

    SEIRING LEMAHNYA KONSUMSI

    PADANG, HALUAN — Ka­mar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Barat, berpendapat anjloknya per­tumbuhan ekonomi (PE) pada Tr.

  • Rabu, 06 Mei 2015 - 19:03:11 WIB

    Pertumbuhan Citilink Capai 40 Persen

    KUARTAL I TAHUN 2015

    JAKARTA, HALUAN — Maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) Citilink dalam kuartal I tahun 2015 mencapai pertumbuhan 40%. Pencapaian ini merupakan pencapaian yang luar biasa .

  • Rabu, 25 Maret 2015 - 19:30:24 WIB

    Bank Sinarmas Pacu Pertumbuhan Kredit UMKM 10 Persen

    JAKARTA, HALUAN — PT Bank Sinarmas Tbk memacu perkembangan bisnis ritel dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) tahun 2015 ini. Direktur Utama Bank Sinarmas, Freenyan Liwang menuturkan, sepan­jang ta.

  • Kamis, 19 Maret 2015 - 19:44:12 WIB

    Telkomsel Raih Pertumbuhan ‘Double Digit’

    JAKARTA, HALUAN  — Ke­beranian PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) untuk menjaga agresivitas pemasaran dan ekspansi jaringan Telkomsel selama 2014 berbuah manis.

    Dikutip dari info memo lap.


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]