Tol Sumatera Tunjang Perekonomian Dharmasraya


Jumat, 06 Maret 2015 - 19:03:29 WIB
Tol Sumatera Tunjang Perekonomian Dharmasraya

Menurutnya, sebagai titik tengah Pulau Sumatera, Dhar­masraya memiliki peran dan potensi yang harus digali, salah satu potensi yang mengun­tungkan itu karena posisi Ka­bu­paten Dharmasraya berba­tasan langsung dengan tiga provinsi, Sumbar, Riau, Jam­bi, sekaligus sebagai jalur transit, hal itu sangat memung­kinkan Dharmasraya menjadi pusat pergudangan atau grosir.

Baca Juga : Rehab Jaringan Irigasi Tersier Pariaman Dilakukan di 8 Titik

“Ketika kabupaten kita menjadi pusat grosir, dengan demikian aktifitas pereko­nomian akan tetap hidup, jarak kita dengan Kabupaten Kuan­tan Singingi, Riau, sangat de­kat, demikian pula dengan Kabupaten Tebo, Jambi, da­lam rancangan tol darat sepan­jang sumatera yang sedang disusun oleh aktor-aktor pem­bangunan di Jakarta, Kabu­paten Anyer ini nantinya akan menjadi pusat, dari Ku­ansing ke Dharmasraya, Tebo Jambi juga ke Dharmasraya, disambung nanti melalaui jalan tembus Bayang dan Ala­han Panjang terus ke daerah Banai di Kecamatan IX Koto,” ujarnya.

Meski rencana tol Suma­tera tersebut masih dalam bentuk wacana nasional, Adi Gunawan melalui anggota DPR RI yang hadir pada acara pembukaan tersebut, yaitu Alex Indra Lukman dan H.Endre Saifoel serta anggota DPRD Provinsi Sumbar Ri­zanto Algamar, turut memper­juangkannya, demi menunjang perekonomian daerah khusus­nya Kabupaten Dharmasraya.

Baca Juga : Petugas Laboratorium LH Pariaman Melaksanakan Training Operasional Maintenance AAS

“Mari kita bersama-sama turut mendukung jika nantinya rencana tol tersebut dilaksa­nakan, kepada bapak dewan pusat yang sudah menjadi corong aspirasi Sumatera Barat di DPR RI, kami berharap sekali agar turut memper­juangkan dan mengawal ren­cana tersebut demi kemajuan kita bersama,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui rencana pembangunan tol su­matera sudah diwacanakan semenjak tahun 2012, pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, khu­susnya untuk wilayah perba­tasan seperti Dharmasraya - Kuantan Singingi dan Dhar­masraya - Tebo, masih banyak

Baca Juga : Viral Siswi Non-Muslim di Padang Dipaksa Pakai Jilbab, Ini Kata Disdik Sumbar

waktu yang tersisa untuk membangun potensi Kabu­paten Dharmasraya jika jalan tol tersebut terealisasi pada periode Jokowi – Kalla ini. (h/mg-zf/mdi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]