Pemko Akan Relokasi PKL Batu Malin Kundang


Ahad, 08 Maret 2015 - 19:54:28 WIB
Pemko Akan Relokasi PKL Batu Malin Kundang

Di Pantai Air Manis, wali­kota yang tidak terlihat lelah itu langsung mengecek toilet umum yang dikelola Badan Pengelola Objek Wisata (BPO­W). Juga memberikan arahan tentang kebersihan toilet dan pengelolaan sampah.

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

Sedangkan kepada peda­gang di sekitar kawasan Batu Malin Kundang, walikota me­nyampaikan rencana pemin­dahan pedagang ke lokasi yang agak jauh dari batu. Tujuannya, mengembalikan kondisi Batu Malin Kundang seperti se­mula, yaitu seperti kapal yang sedang bersandar di muara sungai.

“Jadi aliran sungai yang sekarang tertutup pasir kita hidupkan lagi. Oleh karena itu, PKL yang berada di atasnya harus kita pindahkan, agar tidak terganggu dengan pe­ngerjaan yang segera dila­kukan,” kata Mahyeldi.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

Menurut walikota, jika sungai yang saat ini sudah ditutup pasir itu dihidupkan kembali, maka dengan sen­dirinya air sungai akan meng­gerus pasir yang menu­tupi sebagian batu legendaris terse­but. Warga pedagang me­nyam­but baik rencana terse­but, mereka bersedia untuk dipin­dahkan.

Dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata, Dian Fakri, saat ini dilakukan negosiasi dengan pemilik ta­nah untuk memakai lahan kosong guna pemindahan pe­dagang tersebut.

Baca Juga : Jadikan Padang Kota Bersih, Danlantamal II Ajak Warga Perang dengan Sampah

“Kita telah merencanakan merelokasi 30 PKL tersebut ke pinggir jalan dekat simpang menuju Teluk Bayur di atas tanah masyarakat seluas 7 x 50 meter. Saat ini, Camat Padang Selatan sedang berupaya ber­negosiasi dengan pemilik tanah untuk memakai tanah kosong tersebut. Jika berhasil minggu ini, langsung akan dikerjakan kontraktor,” terang Dian.

Adapun ukuran lapak-la­pak PKL di tempat yang baru ini akan direncanakan sera­gam dengan ukuran 2, 44 m x 2, 44 m. Posisinya berhadap-hadapan dengan selasar di tengah yang berukuran 2m. Jadi lebar bangu­nan 6,88m x 36,6m. Sedangkan pohon yang besar di lokasi relokasi tidak akan ditebang.

Baca Juga : Warga Sungai Sapiah Padang Mulai Berdatangan Menyambut Kedatangan Jenazah Angga

Untuk pembiayaannya, Dian menjelaskan, bukan bera­sal dari APBD. Pihak Pemko sudah punya penyandang dana. “Anggaran yang dibutuhkan untuk merelokasi PKL ini lebih kurang 260 juta. Masing Rp100 juta dari Sinar Pagi Sport Club dan Rp100 juta dari PT Dempo,” katanya.

Walaupun masih kurang sekitar Rp60 juta lagi, tapi pengerjaan tetap akan dilak­sanakan ketika pemilik tanah sudah bersedia. “Insyaallah sebelum kedatangan para wali­kota se-Sumatera pada Mus­komwil I Apeksi pada 24 April 2015 ini sudah selesai,” terang Dian. (h/rel)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]