Bangkitkan Minat Baca Warga


Senin, 09 Maret 2015 - 18:54:44 WIB
Bangkitkan Minat Baca Warga

Memang eksistensi dan kemajuan suatu bangsa atau daerah tidak terlepas dari peranan seorang kepala daerah dalam membuat terobosan-terobasan terutama dari segi pendidikan serta mencer­das­kan masyarakat, semua itu sangat ditentukan dalam pe­r­saingan yang semakin ketat pada saat ini.

Baca Juga : Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Bertambah, Total 586 Kasus

“Bahwa program ini adalah salah satu program pem­ber­dayaan masyarakat di bi­dang pendidikan. Diharapkan TBM ini bisa me­ning­katkan minat baca di ka­langan masyarakat diKabu­paten dharmasraya,” Kata Bupati Dhar­masraya Ir H Adi Gunawan MM melalui Kabag Humas dan Pro­tokoler Budi Waluyo.

Sebanyak 52 TBM sudah dibuat  di nagari-nagari yang ada di Kabupaten Dhar­mas­raya, jumlah tersebut nantinya dapat bertambah sesuai de­ngan ang­garan yang ada di bagian Hu­mas.”TBM kita sudah berjalan dengan baik, jumlahnya sesuai dengan ba­nyak nagari,”imbuh­nya. TBM yang ada di nagari ini ulasnya, pada intinya bertujuan untuk membangun minat baca masya­rakat dan pe­nye­bar­luasan informasi, dimana se­tiap TBM diberi koran harian secara gratis, dan koran ter­sebut diantar langsung oleh tenaga Loper yang telah mem­punyai kawasan ma­sing-ma­sing dalam merea­lisasikannya, sehingga ko­ran-koran yang selama ini me­numpuk di Pem­kab Dhar­mas­raya,  sebelum adanya TBM, saat ini telah bisa dinik­mati oleh masyarkat hingga kepelosok-pelosok, tanpa masya­rakat harus ke­luarkan biaya.

Baca Juga : Turun Drastis, Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 44 Orang

Ia sudah merekrut 6 pe­tugas  atau loper untuk me­ngantar ratusan koran ha­rian tiap hari ke Taman Bacaan Masyarakat yang didirikan di tempat umum, seperti kedai kopi, balai pertemuan pemuda di Pasar Pasar, hal ini agar masyarakat secara keseluruhan bisa melihat dan membaca apa yang terjadi saat ini serta ke­mana arah pembangunan pe­merintah daerah.

Lebih jauh ia memaparkan lagi, menciptakan terobosan baru dalam bentuk mencer­daskan masyaakat tidak hanya sebatas membaca saja bagi masyarakat, tapi lebih kepada meningkatkan pola pikir yang membangun dari masyarakat, dengan adanya TBM ini ma­sya­rakat tidak hanya membaca tapi masyarakat juga bisa ang­kat bicara dari sebuah berita yang ada dan menyampaikanya kepada wartawan untuk di­beritakan.(h/mdi)

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 24.233 Kasus

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]