ULP Kabupaten Solok Jadi Percontohan Nasional


Senin, 09 Maret 2015 - 18:55:14 WIB
ULP Kabupaten Solok Jadi Percontohan Nasional

Selain dihadiri Wakil Duta Besar Amerika, acara juga dihadiri Wamenlu Wardana, Wamen Perencanaan dan Pem­­bangunan Nasional, para pejabat eselon I di lingkungan LKPP,juga dihadiri  beberapa pejabat Pemkab Solok yang turut mendampingi bupati, diantaranya, Ketua DPRD Kab.Solok, Hardinalis Kobal, Sekda Kab.Solok, M Saleh, Ass II, Yunasman  (Koordi­nator Program ULP Kabu­paten Solok), Kadis PU, Fa­thol, Kepala Bappeda, Taufik Efendi, Kabag Organisasi, Armaiti Malik, Kabag Pemba­ngunan, Arba Festia, Wakil Ketua DPRD Kab.Solok, Yon­dri Samin,  Wakil Ketua DPRD Kab.Solok Septrismen.

Baca Juga : 10 Pejabat di Pasaman Divaksin Perdana Jumat Lusa

Bupati Solok Syamsu Ra­him usai penandatanganan MoU mengatakan, keberada­an ULP Kabupaten Solok yang telah berdiri sejak tahun 2008 merupakan salah satu hasil dari komitmen Pemkab Solok dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Pro­ses pengadaan barang dan jasa pemerintah agar dapat ter­laksana secara efektif efisien dan transparan dan dapat di­pertanggungjawabkan.

“Jadi keberadaan ULP yang baik ini merupakan pilar penting tata kelola peme­rin­tahan yang baik,” katanya.

Baca Juga : Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19, Bupati Tanah Datar Sampaikan Bahaya Pandemi

Selain itu, kata  Syamsu Rahim, proses pengadaan ba­rang dan jasa harus dilakukan secara transparan dan terukur, sehingga prinsip-prinsip pe­ngadaan barang dan jasa se­nantiasa mengikuti kaidah serta ketentuan sebagaimana diatur pada Perpres No. 54 tahun 2010.

“Berkenaan dengan hal ter­sebut maka untuk mendu­kung komitmen tersebut kami akan terus melakukan per­baikan sistem, apalagi setelah ditetap­kannya ULP  Kabu­paten So­lok sebagai per­contohan nasional,” ujar Syam­su Rahim.

Baca Juga : Termin ke Dua Tahap I, Sumbar Terima Lagi 29.880 Dosis Vaksin Sinovac

Dijelaskannya, maksud penandatanganan nota kesepa­haman tersebut adalah sebagai landasan  kerja sama dalam merealisasikan penyeleng­garaan pengadaan barang / jasa di ULP percontohan Peme­rintah Kabupaten Solok agar menjadi efektif, efisien, akun­tabel, adil, dan transparan.

Sementara tujuan penan­da­tanganan nota kesepahaman itu adalah untuk mengem­bangkan ULP yang terpilih sebagai model bagi pengem­bangan ULP lainnya. Mewu­judkan sistem, prosedur dan kelembagaan  ULP percon­tohan yang menjamin penga­daan barang dan jasa dilaksa­nakan sesuai dengan prinsip pengadaan.

Baca Juga : Dinkes Padang Pariaman Terima Vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi

Selain itu, juga mewu­jud­kan SDM yang memiliki kom­petensi dan integritas serta profesionalitas yang tinggi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di ULP per­contohan.

“Selanjutnya untuk me­ngembangkan sistem mana­jemen informasi pengadaan di ULP percontohan, serta me­ning­katkan peran masyarakat, asosiasi pengusaha dan media massa sebagai bagian kontrol publik dalam pelaksanaan pengadaan barang/ jasa di lingkungan  ULP Pemkab Solok,” jelas Syamsu Rahim.

Ditambahkannya, terpi­lihnya ULP Kabupaten Solok menjadi ULP percontohan nasional, ini tidak terlepas dari peran dan komitmen dari Pemkab Solok, dalam hal ini yang selalu mengingatkan para pengelola dan Pokja ULP agar dalam bekerja,  senantiasa mengacu dan mengikuti kai­dah serta ketentuan sebagai­mana diatur pada Perpres No. 54 tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012.

Diharapkan, dengan dite­tap­kannya ULP Kabupaten Solok menjadi ULP percon­tohan Nasional, ke depan ULP ini sudah bisa berdiri sendiri, karena selama ini masih me­lekat di Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabu­paten Solok. (h/eri)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 16:38:24 WIB

    10 Pejabat di Pasaman Divaksin Perdana Jumat Lusa

    10 Pejabat di Pasaman Divaksin Perdana Jumat Lusa Pemerintah Kabupaten Pasaman menjadwalkan pemberian vaksinasi Covid-19 untuk ribuan tenaga kesehatan di daerah itu dimulai pada Jumat (21/1/2021). Demikian dikatakan Plt Kepala Dinas Kesehatan setempat, dr Rahadian Suryanta L.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 15:22:10 WIB

    Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19, Bupati Tanah Datar Sampaikan Bahaya Pandemi

    Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19, Bupati Tanah Datar Sampaikan Bahaya Pandemi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Satgas Covid-19 serta instansi terkait, semenjak mulai merebaknya kasus terkonfirmasi positif pada Maret 2020 lalu, telah melakukan berbagai upaya pemutusan penyebarannya, namun sepert.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 12:27:06 WIB

    Termin ke Dua Tahap I, Sumbar Terima Lagi 29.880 Dosis Vaksin Sinovac

    Termin ke Dua Tahap I, Sumbar Terima Lagi 29.880 Dosis Vaksin Sinovac Vaksin Sinovac termin ke dua tahap I diterima Dinas Kesehatan Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (26/1/2021). Vaksin yang diterima tersebut adalah tambahan dari termin pertama untuk diperuntukkan untuk 17 kabupaten dan kota..
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 11:28:02 WIB

    Dinkes Padang Pariaman Terima Vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi

    Dinkes Padang Pariaman Terima Vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi Dinas Kesehatan Padang Pariaman, menerima vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Vaksin Covid-19 tersebut, dikawal langsung kedatangannya oleh Satuan Brimob Polda Sumbar dan anggota Polres Padang Pariaman, Rabu .
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 09:23:48 WIB

    RSUD Tapan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 Pada Lintas Sektor

    RSUD Tapan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 Pada Lintas Sektor RSUD Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan pertemuan lintas sektor dalam rangka sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kegiatan itu dihadiri unsur Muspika Basa Ampek Balai Tapan, Direktur RSUD Tapan, Kasubag TU dan .
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]