Gara-gara Sate, Kadis Pertambangan Hardik Tamu Bupati


Senin, 09 Maret 2015 - 19:01:46 WIB
Gara-gara Sate, Kadis Pertambangan Hardik Tamu Bupati

Dalam perayaan HUT Sya­msu Rahim yang ke-59 ini, istrinya Erlinda Syamsu Ra­him sengaja mempersiapkan surprise kecil-kecilan yang dilangsungkan di aula Guest Host kediaman Bupati Solok di Arosuka. Sedangkan hari jadi SR ini sebetulnya jatuh pada tanggal 7 Maret 2015 lalu. Namun, karena kesibukan orang-orang dekat Bupati men­ye­pakati untuk merayakan pada hari Senin, (9/3), dari pukul 15.00 WIB.

Dari pantauan Haluan, di Guest Host Arosuka, sekitar pukul 14.30 WIB, aula dan pelataran rumah Dinas itu sudah tampak ramai dipadati undangan yang pada umumnya berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun Tenaga Harian Lepas (THL) di ling­kup Pemerintah tersebut.

Entah karena betul-betul bahagia atau sekedar mencari perhatian, yang jelas kala itu semua undangan yang hadir tampak gembira. Sehingga, menyulap acara sederhana itu menjadi menarik. Namun, dari sekian pejabat yang hadir, ada salah seorang pejabat ese­lon II yang tampak mondar-mandir tak menentu. Wajah kepanikan tampak betul dari raut mukanya.

Sambil berjalan dengan wajah merah di depan un­dangan yang tengah menikmati sate, tanpa muka manis, Ke­pala Dinas Pertambangan Ka­bu­paten Solok, Indra Merdi terdengar bicara sendiri. Dia menyebut, sate yang di­per­siap­kan itu, harusnya pertama kali dimakan oleh Bupati. Sebab, ini acara untuk menyambut HUT Bupati Solok.

“Nanti makan satenya, tutup dulu. Bupati belum da­tang. Kalau dilihat Bupati, ini bukan kejutan lagi namanya,” papar Indra Merdi di depan beberapa pajabat, tokoh ma­sya­rakat, para wartawan dan termasuk ajudan Bupati yang tengah menikmati sate.

Tak hanya itu, dengan jalan membusung sembari memik sebatang rokok Indra Merdi terus bergumam, jika kegiatan ini berantakan gara-gara tamu duluan menikmati sate. “Ini bukan kejutan lagi, masa tamu dulu yang makan,” katanya sinis lantas berlalu ke ruang aula Guest Host.

Namun, ucapan tersebut tidak digubris Kabag Humas Kabupaten Solok, Syahrial, Camat Tigo Lurah, Romi Hendrawan, ketua PWI Kabu­paten Solok, Dt Sati, Ketua pemuda Koto Baru, dan be­berapa pejabat lainnya yang tengah menikmati hidangan sate. “Makan saja, jangan di­hirau­kan. Toh, Bupati juga akan senang, jika hidangannya habis,” canda salah seorang pejabat sambil terus makan.

Tanggapan berbeda justru datang dari ketua PWI Kabu­pa­ten Solok, menurutnya si­kap Kadis Pertambangan ini justru membuat citra buruk bagi Bupati Solok. Menurutnya, sejatinya sang pejabat mem­berikan contoh bagai mana memuliakan tamu, bukan ma­lah mngecewakan.  ”Kalau menjilat, jangan terlampau. Biasa-biasa saja, namanya pe­sta, tentulah tamu begini,” tegasnya sambil meninggalkan Guest House sebelum acara puncak dimulai. (h/ndi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]