Sumbar Butuh Pemimpin Segudang Gagasan


Senin, 09 Maret 2015 - 19:04:57 WIB
Sumbar Butuh Pemimpin Segudang Gagasan

Salah satunya seperti yang diungkapkan oleh seorang Mahasiswa UNP, Silvi Ga­yatri. Gadis manis berkeru­dung ini menyatakan kegun­dahannya pada kondisi Sum­bar saat ini, mulai dari pen­didikan, pariwisata, hingga sarana dan prasarana umum yang tidak memadai, bahkan tidak nyaman bagi masyarakat.

Baca Juga : Warga Sungai Sapiah Padang Mulai Berdatangan Menyambut Kedatangan Jenazah Angga

“Tidak usah kita bahas yang masalah besar dulu, contohnya sa­ja masalah kenya­manan dan kea­ma­nan transportasi umum. Seperti bus trans Padang yang belum siap dite­rapkan di sini, dan belum lengkapnya sarana seperti halte yang asal jadi. Lain lagi dengan angkot yang ugal-ugalan di jalanan, bahkan si supir seolah-olah tidak memikirkan kese­lama­tan dirinya sendiri dan penum­pang,” jelas mahasiswi jurusan Pendidikan Sosiologi Antro­pologi, Fakultas Llmu Sosial UNP Padang, Senin (9/3).

Menurutnya, sosok pemim­pin yang dibutuhkan masya­rakat saat ini adalah pemimpin yang bisa bicara lantang dalam memperjuangkan rakyatnya, mempunyai segudang gagasan dan memiliki komitmen yang kuat untuk mewujudkannya. Karena untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat se­muanya saling berkaitan.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami

“Contohnya untuk mening­katkan per­eko­no­mian rakyat ten­tunya dari segi pen­didikan juga ha­rus ditingkatkan, jadi semuanya sa­ling berkaitan. Saya ju­ga berharap bagi yang terpilih nanti supaya men­jalan­kan apa yang ia jan­jikan pada masa kam­panye da­hu­lu,” ulasnya.

Hal berbeda justru dika­takan oleh salah seorang peda­gang grosiran di Pasar Raya Padang Wandi, ia melihat Sumbar sangat lamban dalam proses pembangunan. Mulai dari perekonomian, pen­didi­kan, hingga sarana dan pra­sarana umum.

Baca Juga : Layanan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Padang Teken MoU dengan Puskesmas Anak Air

Ia berharap ke depannya siapapun yang memimpin Sum­­­bar nantinya supaya dapat bertindak tegas, dan sesuai dengan apa yang telah ia jan­jikan pada masa kampanye sebelum terpilih dahulu.

“Misalnya saja seperti di tepi pantai tenda ceper, bukit lampu, jembatan sitinurbaya yang perlu ditertibkan, jika saja pemerintah bertindak tegas maka tidak ada yang akan melanggar atau men­dirikan tempat-tempat mak­siat,” ujarnya.

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

Sementara itu, salah seo­rang tenaga honorer di salah satu sekolah negeri yang ada di Padang Leni berharap ke de­pannya calon gubernur yang mengayomi dan dekat dengan masyarakat, dalam artian dekat tidak hanya saat kampanye dan jika sudah terpilih tidak peduli lagi pada masyarakat.

“Sosok pemimpin yang dibutuhkan di oleh masyarakat saat ini adalah sosok yang bisa berkoordinasi dan menjalin hubungan baik itu di tingkat daerah maupun pusat, supaya dapat merangkul berbagai pihak dalam proses pem­ba­ngu­nan Sumbar ke depannya lebih baik,” ungkapnya.

Dikatakan juga, pemimpin juga harus memiliki hubungan emosional dengan masyarakat supaya tahu apa saja yang terjadi pada masyarakatnya, dan apa tindakan yang akan ia ambil untuk memecahkan berbagai persoalan yang ada. (h/mg-rin)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]