Pessel Jadikan Prokesmas sebagai Ujung Tombak


Selasa, 10 Maret 2015 - 19:24:34 WIB
Pessel Jadikan Prokesmas sebagai Ujung Tombak

“Kegiatan pelayanan Pro­kesmas dapat dilaksanakan di dalam dan di luar gedung Puskesmas. Di dalam gedung, perawat melakukan asuhan keperawatan bagi individu yang datang ke Puskesmas sedangkan kegiatan di luar gedung, perawat dapat mela­kukan asuhan keperawatan keluarga maupun asuhan kepe­rawatan kelompok khusus rawan kesehatan di daerah binaan Prokesmas,” katanya.

Baca Juga : 48 Unit Motor Pebalap Liar Diamankan Polres Pasbar

Dikatakannya, berbagai masalah kesehatan yang me­merlukan pelayanan Pro­kes­mas antara lain kasus penyakit menular (Tu­berkulosis, Mala­ria, HIV/AIDS) penyakit tidak menular (Hipertensi, DM, Paska Stroke, Jantung), masa­lah kesehatan gizi (gizi kurang dan gizi buruk) atau asuhan ke­perawatan kepada kelom­pok lansia, kelompok balita, ke­lompok calon jemaah haji, kelompok dengan penyakit tertentu. Jenis kegiatan yang dilakukan selama mem­beri­kan pelayanan Prokesmas se­perti; deteksi dini, penyu­luhan kesehatan, konseling,  pera­watan kesehatan dasar, dan rujukan ke pelayanan kese­hatan terdekat.

“Dalam rangka mening­katkan kualitas pelayanan Prokesmas tersebut tiap bulan digelar rakor untuk evaluasi tingkat Kabupaten Pesisir Selatan pada. Kami bahas soal penguatan kinerja perawat Puskesmas dalam me­ne­rap­kan Prokesmas seperti Standar Prokesmas dan Pengelolaan Daerah Binaan Prokesmas Terintegrasi dengan PMK di Puskesmas. Selain itu juga dibahas Bimtek dan Monev Prokesmas Terintegrasi de­ngan PMK serta Pencatatan dan Pelaporan Prokesmas di Puskesmas,” katanya.

Baca Juga : Kondisi Dua Gazebo di Pantai Kata Kota Pariaman Memprihatinkan

Ia menyebutkan, untuk program itu, Pessel mener­junkan perawat ke masyarakat. Ini merupakan salah satu upa­ya Dinas Kesehatan mel­a­lui Puskesmas mendukung pe­ning­katan derajat kesehatan masyarakat dengan mema­dukan ilmu dan praktik kep­e­rawatan dengan kesehatan masyarakat.

Dikatakannya, petugas Pro­kesmas adalah semua pe­rawat fungsional yang bekerja di Puskesmas dan mendukung adanya kolaborasi dengan petu­gas kesehatan lain (dokter, bi­dan, petugas gizi, petugas kes­ling, dan lain lain) sesuai ke­butuhan dan lingkup per­ma­salahan yang dihadapi ke­tika melayani masyarakat. (h/har)

Baca Juga : DPD PAN Pasaman Barat Gelar Musda Secara Virtual

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]