Dana BOS Belum Bisa Difungsikan


Selasa, 10 Maret 2015 - 19:30:22 WIB
Dana BOS Belum Bisa Difungsikan

“Walaupun dana BOS itu telah masuk ke rekening se­kolah, tapi dana tersebut be­lum bisa digunakan. Karena, sekolah terlebih dahulu harus menyerahkan dokumen RK­AS kepada pihak dinas ter­kait,” jelasnya. Ia menambahkan, sebelum diserahkan dokumen tersebut pihaknya belum bisa me­mas­ti­kan berapa alokasi dana BOS yang untuk siswa yang ada di Kota Padang. Maka dengan itu, ia meminta kepada pihak sekolah segera menyerahkan dokumen RKAS.

Baca Juga : Masa Reses DPRD Padang, Irawati Meuraksa Siapkan Program Tepat Guna untuk Masyarakat

Ia juga menjelaskan, saat ini ada sebanyak 99 SMA/SMK yang menerima dana BOS di Kota Padang, yang setiap siswa menerima sebesar Rp1,2 juta pertahun. Se­men­tara untuk SMP, ada sebanyak 86 sekolah yang masing-ma­sing siswa menerima Rp800 pertahun dan SD sebanyak 416 sekolah yang setiap siswa me­nerima Rp1 juta pertahun.

“Pada dasarnya semua se­kolah yang menerima dana BOS di Kota Padang, tapi ada juga yang me­nolak dana BOS. Sebab siswa di sekolah tersebut dinilai mam­pu dari segi finan­sial,” jelasnya. Disisi lain, Bantuan Ope­rasio­nal Sekolah Daerah (BO­S­DA) yang me­rupa­kan ang­garan dari pro­gram sekolah gratis di Kota Padang, juga ada sebanyak Rp70 miliar. Ang­garan tersebut di­ang­garkan dalam AP­BD Kota Pa­dang 2015. Hanya saja, dana ini khusus untuk sekolah negeri yang berada di bawah Pe­merintah Kota Padang.

Baca Juga : Ada Perbaikan Pipa Perumda AM Kota Padang di Lubuk Minturun, Siap-siap Tampung Air!

Kemudian untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) juga dianggarkan dalam APBN 2015. Dana ini ada sebesar Rp15 miliar, yang difungsikan nantinya untuk rehab fisik sekolah di Kota Padang. Re­hab yang dilakukan, di­priori­taskan untuk sekolah yang rusak berat dan sedang. “Kita belum memiliki data sekolah yang akan direhab. Saat ini kita sedang proses pendataan, mana yang akan direhab,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, pen­yaluran dana BOS masih san­g­at dibutuhkan di Kota Pa­dang. Buktinya, dari ratusan sekolah yang ada di Kota Pa­dang, hanya empat di antaranya menolak dengan alasan mam­pu secara finansial. (h/ows)

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]