Format Ulang Cara Berfikir tentang Pariwisata


Rabu, 11 Maret 2015 - 19:33:26 WIB
Format Ulang Cara Berfikir tentang Pariwisata

“Tujuan utama peringatan  31 tahun Kota Wisata adalah menformat ulang cara berfikir masyarakat Bukittinggi tentang Kota Wisata. Sekaligus menge­valuasi sejauh mana kita telah memberikan kontribusi positif bagi pengembangan wisata di kota ini,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Bukittinggi, Melfi Abra.

Menurutnya, selama ini sbanyak pihak terjebak pada rutinitas dan tidak punya wak­tu untuk berinovasi dan ber­kreatifitas. Padahal untuk mengembangkan sektor yang menjadi salah satu sektor ung­gulan di kota ini sangat dibu­tuhkan gebrakan-gebrakan baru. Dan yang tidak kalah penting adalah dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat kota.

“Kami berharap semua masyarakat kota mau mem­berikan kontribusi positif bagi sektor wisata, dan menjadi tuan rumah yang baik bagi wisa­tawan yang datang. Sehingga Bukittinggi sebagai destinasi pariwisata di Sumbar, diu­murnya yang ke 31 tahun sebagai kota wisata akan tetap memberikan kontribusi yang besar terahdap pembangunan daerah,” ujarnya.

Disamping itu lanjutnya, Pemko Bukittinggi berharap di ta­hun ini tidak ada lagi pe­rilaku-perilaku yang merusak citra Bukittinggi. Seperti kasus ba­dut yang meresahkan pe­ngunjung di sekitarn kawasan Jam Gadang beberapa waktu lalu.

“Kami mendukung kei­kutsertaan masyarakat me­man­faatkan sektor pariwisata untuk menambah penghasilan. Namun yang terpenting, semua harus sesuai aturan dan tidak meresahkan pengunjung,” te­rang Melfi.

Dirinya menambahkan, Bukittinggi telah dikaruniai alam yang indah, sejuk, serta kuliner yang menggoda dan seluruh potensi yang men­dukung eksistensi Bukittinggi sebagai Kota Wisata, yang tidak semua kota memilkinya. Ini merupakan modal kuat Bukittinggi sebagai destinasi wisata utama di Sumatera Barat.

Namun demikian semua itu perlu dipelihara dan diting­katkan oleh seluruh masya­rakat. “Jangan rusak citra Kota Wisata yang telah dibangun selama ini. Teruslah berkreasi dan berinovasi agar Bukit­tinggi tidak terlupakan,” harap Melfi. (h/tot)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]