Segera Jadi Kawasan Konservasi Penyu


Rabu, 11 Maret 2015 - 19:33:54 WIB
Segera Jadi Kawasan Konservasi Penyu

Jasman menyebutkan, MPP yang beranggotakan pe­muda tersebut telah mela­kukan peng­hijauan pantai de­ngan menanam pohon keta­pang dan tanaman lainnya di kawasan pantai. Ke­giatan ini murni dilakukan untuk men­yelamatkan lingkungan pan­tai di Amping Parak.

Baca Juga : Positif Covid-19 di Sumbar Mencapai 26.610 Kasus

“Bibit pohon pelindung diusahakan melalui Dinas PU Pessel Cq Kabid Kebersihan dan Pertamanan Kota sekitar enam bulan lalu. Sementara untuk melaksanakan kegiatan dilakukan dengan swadaya. Pemuda yang sudah tergabung di MPP dengan sukarela mem­baktikan diri untuk peng­hijau­an pantai. Selain itu MPP juga merawat pohon pohon kecil yang tumbuh alami,” katanya.

Saat ini menurutnya, ka­wasan yang sudah berhasil ditanam bibit ketapang se­panjang 500 meter. Seluruh tanaman pada areal 500 meter itu telah dipagar dengan bahan-bahan yang diperoleh di ka­wasan terdekat. Pemuda peng­gagas penghijauan pantai itu terdiri dari Jasman, Udin, Sepriadi, Rino dan Isul, se­mua­nya bekerja tanpa pamrih.

Baca Juga : Angka Kesembuhan Covid-19 di Sumbar Mencapai 92,09 %

Disebutkannya, selain pe­nanaman, MPP juga me­laku­kan aksi pembersiham ka­wasan pantai dan muara de­ngan pe­ra­latan sederhana be­rupa rakit (getek, red) yang digerakkan dengan dayung secara berkala.

“Harapan kami sederhana saja, dengan semangat gotong royong yang dimiliki, kami berharap lingkungan pantai Amping Parak terjaga dan mem­baik mutu ling­kungan­nya. Bila pantai rindang dan hijau, ikan-ikanpun akan se­makin dekat ke tepi, hal ini akan mengun­tung­kan nelayan setempat. Ke­depan kami juga punya rencana men­jadikan kawasan itu sebagai pusat kon­servasi penyu,” katanya.

Baca Juga : Ketua DW IV Jurai Kabupaten Pessel Terima Penghargaan Sebagai Penggiat Literasi

Bupati Pessel Nasrul Abit juga memberikan apresiasi kepada pemuda setempat yang telah berupaya membuat pan­tai Am­ping Parak menjadi hijau. “Saat ini kesadaran menanam memang masih ren­dah, lalu dengan adanya gera­kan pemuda seperti itu, pe­me­rintah sangat menghargai. Mudah-mudahan kegaiatan ini juga bisa tertular kepada yang lain,” tutupnya. (h/har)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Januari 2021 - 08:50:25 WIB

    Positif Covid-19 di Sumbar Mencapai 26.610 Kasus

    Positif Covid-19 di Sumbar Mencapai 26.610 Kasus Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Rabu (27/1/2021) terdapat 103 orang pasien terkonfirmasi positif. Sehingga total pasien yang terinfeksi mencapai 26.610 orang..
  • Kamis, 28 Januari 2021 - 08:47:11 WIB

    Angka Kesembuhan Covid-19 di Sumbar Mencapai 92,09 %

    Angka Kesembuhan Covid-19 di Sumbar Mencapai 92,09 % Berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Rabu (27/1/2021) terjadi penambahan pasien yang terkonfirmasi sembuh. Penambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 148 orang..
  • Kamis, 28 Januari 2021 - 08:41:07 WIB

    Ketua DW IV Jurai Kabupaten Pessel Terima Penghargaan Sebagai Penggiat Literasi

    Ketua DW IV Jurai Kabupaten Pessel Terima Penghargaan Sebagai Penggiat Literasi Marhamah Betriadi menerima penghargaan sebagai Ketua Darmawanita IV Jurai Kabupaten Pessel sebagai Penggiat Literasi, dari Kepala Kantor Kementerian Agama. Berawal dari hobi membaca dan belajar menulis, serta ketertarikan den.
  • Kamis, 28 Januari 2021 - 08:39:59 WIB

    Bupati Pessel Minta Masyarakat Gunakan Produk Lokal Karya UMKM

    Bupati Pessel Minta Masyarakat Gunakan Produk Lokal Karya UMKM Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni meminta masyarakat untuk menggunakan produk lokal karya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sendiri. Karena dengan menggunakan produk lokal dalam keseharian akan turut mendukung pertumbuha.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 23:57:59 WIB

    Dirjen PPKL KLHK Tawarkan Empat Pendekatan Atasi Banjir Kalsel

    Dirjen PPKL KLHK Tawarkan Empat Pendekatan Atasi Banjir Kalsel Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), M.R. Karliansyah menawarkan empat pendekatan penanganan dan upaya pemulihan lingkungan di Kalimantan Selatan ke.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]