Rakyat Tak Butuh Gubernur Partai


Rabu, 11 Maret 2015 - 19:34:52 WIB
Rakyat Tak Butuh Gubernur Partai

Tokoh masyarakat Paya­kumbuh dan Limapuluh Kota, Bustiar Sutan Batuah menilai, Sumbar sudah sangat jauh tertinggal dengan propinsi tetangga. Untuk bisa mengejar ketertinggalan tersebut, Sum­bar butuh sentuhan tangan sosok pemimpin yang tegas, berani, disiplin, punya mental baja, serta memiliki semangat patriotisme yang tinggi.

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Gubernur Sumbar Pamitan dan Minta Maaf

“Menurut hemat saya, se­mua­nya kandidat yang sudah muncul rata-rata memiliki kesamaan visi dan misi untuk Sumbar yang lebih baik. Na­mun untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, tentu dengan kerja keras dan punya mental baja,” kata Bustiar.

Pengurus Ikatan Warga Agam di Payakumbuh itu menyebut, siapapun yang ke­lak akan menakhodai Sumbar lima tahuh ke depan, seyog­yanya diharapkan adalah so­sok benar-be­nar bisa mem­po­sisi­kan diri sebagai gu­ber­nurnya rakyat Su­ma­tera Barat secara ke­se­lu­ru­han. Bu­kan gubernur partai po­litik dan gu­bernur yang me­wakili kelompok.

Baca Juga : Tunjang Pariwisata, Diskominfo Pariaman Bentuk Taman Bunga di Pantai Kata

“Jika sudah menjadi gu­bernur partai dan ke­lom­pok, alamat akan hancur ne­geri ini. Dapat kita lihat, kondisi yang demikian sudah terjadi di berbagai daerah,” tukuknya.

Desi Herlinda, salah se­orang WNI yang kini tengah bekerja di luar negeri melalui chatline kepada Haluan ber­harap, agar para petinggi partai benar-benar memilih dan me­ngu­sung calon gubernur benar-benar mewakili rakyat, serta mempunyai ambisi untuk me­m­bangun Su­m­bar ke arah yang lebih baik.

Baca Juga : Gubernur Sumbar: Masyarakat Tak Perlu Takut, BPOM dan MUI Sudah Keluarkan Fatwa Kehalalan Vaksin

“Karena me­mang calon kepala daerah harus diusung oleh partai, tentunya ini men­jadi tang­gung­jawab partai untuk me­nen­tukan dan me­milih calon ke­pala daerah ya­ng akan me­reka usung na­n­tinya. Yang jelas, rakyat tentu merindukan sosok pemimpin yang benar-benar pro rakyat,” kata Desi.

Salah seorang nelayan di Purus Padang, Mak Naih juga berharap, agar calon gubernur yang maju dan terpilih nanti, benar-benar peduli terhadap nasib rakyat kecil, serta mam­pu mensejahterakan rakyat­nya. Memberikan jaminan ke­seha­tan, pendidikan murah, pangan murah bagi rakyat miskin, serta mampu men­ciptakan lapangan pekerjaan.

Baca Juga : 680 Tenaga Kesehatan RSUD M Zein Painan Jalani Vaksinasi Covid-19

“Saya yakin, semua pe­tinggi yang ada di partai itu adalah orang yang ber­pen­didikan tinggi dan mem­punyai nalar yang jauh lebih mantap dari pada saya. Untuk itu, saya berharap pemimpin yang mun­cul nanti adalah sosok yang mengerti dengan ke­butuhan rakyatnya,” ujarnya.

Pengamat politik dari Uni­versitas Negeri Padang, Eka Vidia mengatakan, terkait sosok pemimpin yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat banyak adalah pemimpin yang benar-benar mempunyai jiwa pejuang, mempunyai pan­dang­an dan kesungguhan untu­k membangun Sumbar lebih baik ke depan.

“Jadi masyarakat tidak butuh pemimpin yang hanya dekat saat kampanye atau sosialisasi saja, namun setelah terpilih nanti tentunya apa yang disampaikan pada masa kampaye tersebut harus dia­pli­kasi­kan, karena ini men­yang­kut dengan kepercayaan ma­sya­rakat terhadap pemimpin tersebut,” ujar Eka.

Selain itu, calon kepala daerah sebaiknya juga orang yang tidak terikat dengan partai politik, baik itu secara langsung atau tidak langsung. Sehingga, jika seandainya dia terpilih nanti, maka yang bersangkutan benar-benar bisa mem­posi­sikan diri sebagai gubernur rakyat dan bukan gubernur partai, atau kelompok-ke­lom­pok tertentu. (h/nto/mg-rin)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]