Jangan Puas Dapat Satu Paket Pembangunan Pasar


Kamis, 12 Maret 2015 - 19:07:41 WIB
Jangan Puas Dapat Satu Paket Pembangunan Pasar

Sebagai wakil rakyat yang diberi amanah oleh rakyat, terutama masyarakat Suma­tera Barat, sudah menjadi kewajibannya untuk mem­perjuangkan anggaran pem­bangunan infrastruktur pasar untuk menggenjot per­eko­nomian masyarakat Sumbar.

Baca Juga : Kepala SMK N 2 Padang Pastikan Tidak Saling Tuntut Terkait Polemik Siswi Wajib Berjilbab

Namun, lagi-lagi Refrizal menegaskan, untuk usulan pembangunan pasar tersebut, haruslah melalui proposal perencanaan yang matang. Termasuk rincian biaya dan tanah yang dijadikan lokasi pasar.

Dia meminta, kalau untuk membangun pasar, harus di­tem­pat yang strategis. Kalau bisa, dijejak pasar yang lama, jadi tidak sulit untuk penye­suaian bagi para pedagang.

Baca Juga : Polemik Siswi Non-Muslim Pakai Jilbab, Ketua LKAAM: Jangan Biarkan Kasus Ini Digoreng Terus oleh Berbagai Pihak, Peraturan Soal Ini Sudah Berjalan 15 Tahun

Tahun ini, Kabupaten Pasa­man mendapatkan rehab pasar untuk di Kecamatan Panti senilai Rp1,5 miliar dari Ke­menterian Perdagangan RI. Bagi Pemkab Pasaman sendiri, perbaikan sarana dan pra­sara­na pasar, sangat penting untuk menjadikan tempat tran­saksi ekonomi masyarakat yang la­yak dan nyaman. Selain itu, pa­sar juga sebagai wadah dilak­sanakannya kebijakan peme­rintah yang memihak pada perekonomian kerak­yatan.

Tahun 2014 l­a­lu, Peme­rintah Kabupaten Pasaman menganggarkan Rp 4,976 mi­liar untuk melanjutkan pem­bangunan dua lokasi pasar semi modern. Dua unit pasar yang dilanjutkan pem­ba­ngu­nannya adalah pasar semi modern Lubuk Sikaping Rp 1,980 mi­liar dan lanjutan pembangunan pasar semi mo­dern Tapus sebe­sar Rp 2,996 miliar.

Baca Juga : Suami-Istri di Bukittinggi Perkosa Gadis, LKAAM Sumbar: Sungguh Memalukan!

Pada 2013, ada 5 unit pasar tradisional di Kabupaten Pa­saman yang direvitalisasi men­jadi pasar semi modern dengan dua sumber pendanaan. Perta­ma, pembangunan dua pasar semi modern, pasar Panti di Kecamatan Panti dan pasar Kumpulan di Kecamatan Bon­jol, melalui dana tugas perban­tuan pusat senilai Rp 6 miliar.

Kedua, pembangunan pa­sar Tapus di Kecamatan Pa­dang Gelugur, Ladang Pan­jang Kecamatan Tigo Nagari dan Pasar Benteng di Lubuk­Sika­ping. Dana untuk ketiga pasar bersumber dari APBD Kabu­paten Pasaman dengan total anggaran mencapai Rp 10,3 miliar. (h/col)

Baca Juga : Yulianto Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Pasangan Hamsuardi-Risnawanto Sebagai Kepala Daerah Pasbar yang Baru

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]