Cabup Solok Independen Butuh 32.659 KTP


Kamis, 12 Maret 2015 - 19:11:56 WIB
Cabup Solok Independen Butuh 32.659 KTP

Banyak pertanyaan yang diajukan sejumlah anggota DPRD Kabupaten So­lok, yang ber­ha­rap­agar KPU Kabu­pa­ten Solok dapat be­nar benar mela­k­sanan seluruh ta­hapan Pilkada de­ngan baik, demi terwujudnya Pilkada yang ber­kualitas. Baik kualitas hasil, maupun dalam proses penye­lenggaraan.

Baca Juga : Alokasi Pupuk Bersubsidi di Solsel Berkurang, Tidak Cocok dengan Target Tanam

Septrismen menyebut, DPRD siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2015 di Kabupaten Solok. Keseriusan dukungan ini ditandai dengan alokasi anggaran yang telah disediakan oleh DPRD Kabupaten Solok untuk pelaksanaan Pilkada tahun 2015. ”Kita ju­ga­ mengajak seluruh la­pisan masyarakat Ka­bupaten Solok untuk berperan ak­tif me­nyuk­seskan pelak­sanaan Pil­kada ta­hun 2015 di Ka­bupaten So­lok,” ka­tanya.

Terkait itu, Ketua KPU Kabupaten Solok Elwiza me­nga­takan, kegiatan sosialisasi tersebut sejalan dengan telah disetujuinya Peraturan Peme­rintah Pengganti Undang-undang (Perppu ) Nomor 1 Tahun 2014, tentang Pilkada menjadi Undang-undang oleh DPR. Perppu ini meng­garis­kan Pilkada dilaksanakan se­cara langsung.

Baca Juga : Jadi Biang Kerok Banjir, DPRD Sumbar Dorong Percepatan Normalisasi Batang Lembang

“Namun jauh sebelum itu, pihak KPU telah menyiapkan tiga draft Peraturan KPU yang berhubungan dengan pemi­lihan kepala daerah. Dian­taranya PKPU tentang taha­pan, program dan jadwal Pilka­da, PKPU tentang pemu­tahi­ran data dan daftar pemilih pada Pilkada, dan PKPU ten­tang pencalonan kepala dae­rah,” ujarnya.

Sesuai tahapan yang sudah dirancang oleh KPU RI, tam­bah Elwiza, pelaksanaan Pil­ka­da akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2015. Agar berjalan lancar dan suk­ses, dia mengungkapkan KPU Kabupaten Solok sudah me­ng­usulkan anggaran dana ke­pada Pemkab Solok untuk pelaksanaan Pilkada ini.

Baca Juga : Kodim 0305 Pasaman Temukan Kesadaran Warga Patuhi Prokes Masih Rendah

Lalu mengenai syarat da­lam mendaftaran bakal calon, baik yang akan diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik dan syarat calon yang maju dari perseorangan, menurut Perppu Nomor 1 tahun 2014 bahwa calon yang bisa didaftarkan harus didu­kung minimal 20 % kursi yang ada di DPRD atau didukung suara sah pada Pemilu Anggo­ta DPR, DPD dan DPRD pa­ling sedikit 25 % dari akumu­lasi perolehan suara sah dalam Pilleg. “Sementara untuk calon perseorangan, harus didukung paling sedikt  6,5 % dari jumlah penduduk. Atau seki­tar 32.659 dukungan foto copy KTP dan surat peryataan du­ku­ngan,” urainya. (h/ndi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]