Pemko Tak Serius Jalankan Perda Sampah


Kamis, 12 Maret 2015 - 19:14:01 WIB
Pemko Tak Serius Jalankan Perda Sampah

Kemudian Jalan A. Yani, Jalan Ujung Gurun, Jalan Raden Saleh, Pantai Padang, Pantai Air Manis, Pantai Pasir Jambak dan kawasan Jalan M. Yamin. Jika dijalankan untuk seluruh Kota Padang, jelas perda ini mandul.

Baca Juga : Tahun 2020, Capaian PAD Perumda AM Kota Padang Melebihi Target

Menurut Wakil Ketua Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Padang, Budiman meminta pemerintah tegas dalam menegakan Perda nomor 21 tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah. “Kita masih menemukan terjadi pelanggaran, banyak warga yang seenaknya membuang sampah dari atas kendaraan. Tapi, belum ada ketegasan yang nampak dari petugas,” katanya.

Perilaku masyarakat yang tidak mengindahkan peraturan pemerintah ini, akibat dari sikap pemerintah yang belum tegas dalam mengeksekusi Perda. Padahal dalam Perda nomor 21 tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah, telah diatur sanksi bagi publik yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis Artikel HUT ke-46 Tahun

“Proses pembahasan hingga penyetujuan sebuah perda, memakan biaya yang tidak sedikit. Karena itu, jangan sampai aturan yang berbiaya besar itu tidak memberi manfaat bagi kota ini,” ujarnya.

Ia mencontohkan sikap ketidakseriusan pemko, salah satunya dengan belum menjalankan pemberian sanksi bagi publik yang melanggar peraturan tentang sampah. “Apa gunanya perda itu dibuat, kalau perilaku masyarakat tetap saja sama seperti sebelum perda ini ada,” jelasnya.

Baca Juga : Ada 52 Kasus Pernikahan di Bawah Umur di Kota Padang Tahun 2020, Penyebab Utama 'Hamil Duluan'

Ia berharap, pemko lebih tegas untuk menegakkan sanksi kepada publik pelanggar, dengan menempatkan pihak eksekutor seperti Satpol PP, sehingga publik bisa taat pada aturan perda tersebut.

Sementara Kepala Bidang Ketertiban Umum, Ke­tentraman Masyarakat Satpol PP Kota Padang, Fajar Sukma mengatakan, pihaknya telah diinstruksikan untuk menindak tegas masyarakat yang melanggar perda.

Baca Juga : Cuma 2 Menit, Cetak Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Kota Padang dengan Anjungan Dukcapil Mandiri

“Sesuai instruksi walikota, kita telah menyiagakan anggota sebanyak 80 personel di 10 titik kawasan Kota,” katanya.

Namun, pihaknya masih menunggu keputusan dari pihak terkait untuk penerapan Perda Sampah ini dengan maksimal. Karena, saat ini diakui masih sebatas teguran belum kepada sanksinya. (h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]