Sinergi 18 Anggota DPR-DPD RI Dapil Sumbar Belum Terbangun


Kamis, 12 Maret 2015 - 19:21:55 WIB
Sinergi 18 Anggota DPR-DPD RI Dapil Sumbar Belum Terbangun

Di antara sinergitas yang penting dibangun adalah sinergitas antara 18 legislator dari daerah pemilihan asal Sumbar yang ada di DPR dan DPD RI. 14 anggota DPR yakni; Mulyadi, Darizal Basir  (Partai Demokrat), Jhon  Kennedy Azis, Betty Shadiq Pasadigue (Partai Golkar), Alex Indra Lukman, Agus Susanto (PDIP), Refrizal, Sidi Hermanto Tanjung (PKS), Asli Chaidir (PAN), Endre Saifoel (Nasdem),  Suir Syam, Ade Rizky Pratama (Gerindra),  Epyardi Asda dan M Iqbal. Sedangkan empat anggota DPD RI asal Dapil Sumbar, yakni, Irman Gusman, Emma Yohanna, Jeffrie  Geovanie dan Nofi Candra.

Baca Juga : Bahayakan Penerbangan, Awan CB Berpotensi Tinggi Selama 7 Hari ke Depan

Masing-masing anggota DPR dan DPD RI itu memiliki peran strategis di masing-masing fraksi dan juga komisi. Bahkan beberapa di antaranya menduduki jabatan yang sangat strategis, seperti Irman Gusman yang menjadi Ketua DPD RI. Bahkan Irman sudah kali kedua menerima amanah menjadi Ketua DPD RI (2009-2014 dan 2014-2019). Mulyadi juga menjadi Wakil Ketua Komisi VII DPR RI.

Jika saja 18 legislator asal Sumbar tersebut bersinergi untuk pembangunan dan kemajuan Sumbar ke depan, tentu sangat banyak yang bisa dilakukan mereka. Sumbar akan bisa melakukan akselerasi pembangunan, sehingga ketertinggalan sejak beberapa tahun terakhir dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Kepri, Jambi dan Lampung bisa dikejar. Tentu akan banyak program-program pem­bangunan dari dana APBN yang bisa mereka perjuangkan dan dibawa ke Sumbar.

Baca Juga : Amazing! Ada Ikan Bisa Berjalan dari Papua

Sangat disayangkan, ternyata hingga saat ini dari beberapa sumber yang layak dipercaya mengatakan belum ada forum silaturahmi atau pun asosiasi legislator asal Sumbar di DPR-DPD RI. Masing-masing anggota legislator asal Sumbar hanya bekerja sendiri-sendiri. Hubungan silaturahmi dan  komunikasi yang intens serta sinergitas antara anggota legislator asal Sumbar dengan Pemprov Sumbar juga belum terbangun sebagaimana mestinya.

Ini tentunya menjadi bahan evaluasi yang penting bagi anggota legislatif asal Sumbar. Minimnya potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Sumbar, mengharuskan para wakil rakyat dapil Sumbar melakukan terobosan-terobosan dan langkah di pusat, sehingga berbagai program pembangunan yang  juga didukung dengan pendanaan dapat diraih lebih banyak lagi. Sebagai dampaknya, pembangunan Sumbar yang cendrung stagnan selama beberapa tahun terakhir bisa digerakkan lebih maksimal lagi.

Baca Juga : Grup Lion Air Berduka, Dirut Batik Air Meninggal Dunia

Kepada anggota DPR dan DPD RI dari Dapil Sumbar diimbau untuk sedikit melonggarkan persaingan politik invidu dan parpol. Berikutnya berpikir lebih fokus  untuk kemajuan dan pembangunan Sumbar selaku daerah yang diwakilinya di DPR dan DPR RI Senayan, Jakarta. Minimal 2-3 tahun ke depan menjelang Pemilu, diharapkan para legislator tersebut melupakan persaingan dan kepentingan invidu dan dan parpol. Melalui sinergitas yang baik dan solid itu, beban atau pekerjaan  yang besar dapat ditangani secara bersama-sama. **

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 09:40:09 WIB

    Bahayakan Penerbangan, Awan CB Berpotensi Tinggi Selama 7 Hari ke Depan

    Bahayakan Penerbangan, Awan CB Berpotensi Tinggi Selama 7 Hari ke Depan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat dan semua pihak yang terkait dengan sektor transportasi udara selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca signifikan atau potensi cuaca ekstrem yang m.
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 08:04:00 WIB

    Amazing! Ada Ikan Bisa Berjalan dari Papua

    Amazing! Ada Ikan Bisa Berjalan dari Papua Ini sungguh ajaib, ada ikan bisa hidup di dua dunia, darat dan air. Selain itu, ikan yang berasal dari Papua ini juga bisa berjalan. Seperti apa ya ikannya?.
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 06:58:01 WIB

    Grup Lion Air Berduka, Dirut Batik Air Meninggal Dunia

    Grup Lion Air Berduka, Dirut Batik Air Meninggal Dunia eluarga besar Grup Lion Air berduka, Direktur Utama Batik Air Capt. Achmad Luthfie meninggal dunia pada Sabtu (23/1/2021), pukul 21.08 di salah satu rumah sakit di Tangerang, Banten..
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 01:15:08 WIB

    Tjahjo: PNS Terpapar Radikal dan Terorisme, Siap-siap Dipecat

    Tjahjo: PNS Terpapar Radikal dan Terorisme, Siap-siap Dipecat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian PANRB akan menindak tegas ASN yang terpapar paham radikalisme dan terlibat dalam kegiatan rad.
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 21:59:44 WIB

    BPS Sebut Ada Dua Provinsi yang Penduduk Perempuannya banyak dari Laki-laki

    BPS Sebut Ada Dua Provinsi yang Penduduk Perempuannya banyak dari Laki-laki Kepala BPS Suhariyanto menyebut, hanya ada dua provinsi di Indonesia yang jumlah penduduk perempuannya melebihi jumlah penduduk berjenis kelamin laki-laki, yaitu DI Yogyakarta dengan rasio 98 persen dan Sulawesi Selatan denga.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]