Irman Gusman Dorong Terbentuknya Asosiasi Rumah Makan Padang


Kamis, 12 Maret 2015 - 19:24:37 WIB
Irman Gusman Dorong Terbentuknya Asosiasi Rumah Makan Padang

Irman mengatakan, rumah makan padang menjadi penyumbang terbesar pendapatan nasional kategori industri kuliner melalui pajak restoran yang jumlahnya mencapai belasan ribu yang  tersebar di seluruh provinsi  di Indonesia dan luar negeri.

Sementara itu, Jhon Kenedy Martin, pengusaha rumah makan menyebutkan pihaknya telah memulai dan melakukan konsolidasi untuk membentuk asosiasi  rumah makan padang se-Indonesia. Usaha ini telah dijajaki sejak tahun 2012 lalu, di hotel Redtop Pacenongan, Jakarta. Pada kesempatan itu hadir pemilik rumah makan dari berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke.

Pihaknya prihatin dengan pedagang rumah makan asal Minang yang 90 persen masih mengontrak. Hanya 10 persen rumah makan yang memiliki tempat sendiri, yang disurvei saat konsolidasi rumah makan se-Indonesia pada pertemuan selanjutnya, tahun 2013 lalu.

“Kita prihatin dengan kondisi tidak aman pedagang rumah makan yang mengontrak. Karena kontrak akan selalu naik. Parahnya jika kontrak diminta langsung selama 3 tahun,” terang  Jhon yang telah memiliki 32 jaringan rumah makan.

Berdasarkan kondisi tersebut, Jhon saat ini tengah berusaha bersama pengusaha rumah makan lainnya, agar musyawarah nasional (munas) terselenggara dengan cepat dan tengah berupaya mengonsep lembaga keuangan rumah makan padang secara nasional.

Munas, sebut Jhon bakal diselenggarakan paling lambat akhir tahun ini, yang diikuti 1320 jaringan rumah makan dan restoran padang se-Indonesia yang telah terdaftar pada pertemuan dari tahun 2012 lalu.

Bustaman pemilik jaringan rumah makan “sederhana” menyambut positif rencana terbentuknya asosiasi rumah makan padang.  (h/lex)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]