Disleksia, Bisa Disembuhkan


Jumat, 13 Maret 2015 - 19:15:10 WIB
Disleksia, Bisa Disembuhkan

Namun masalah kesulitan belajar seperti disleksia tidak terlalu berdampak buruk bagi beberapa tokoh-tokoh terke­nal yang menjadi bukti dis­leksia bukan hambatan me­wujudkan mimpi.

Baca Juga : Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih

Berikut ini orang-orang hebat yang mampu meraih sukses meski memiliki dislek­sia, seperti dilansir Foxnews:

1. Keira Knightley

Baca Juga : Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman

Aktris Hollywood yang namanya melambung setelah membintangi film ‘Pirates of the Caribbean’ ini, didiagnosis disleksia yang sempat meng­hambat karir aktingnya ketika masih muda.

Knightley me­nya­takan bahwa saat dirinya berusia 8 tahun, Knightley gagal dalam audisi akting gara-gara tidak mampu membaca naskah dialog.

Baca Juga : Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat

Tetapi hal ter­sebut tidak membuatnya putus asa. Atas bantuan guru dan orang tua disertai tekad yang kuat untuk menjadi aktris, Knightley ber­hasil mengatasi disleksianya pada usia 11 tahun.

2. Cher

Baca Juga : Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya

Cher, seorang penyanyi senior Amerika yang telah memulai debutnya sejak tahun 1965 itu pun menyatakan bah­wa dirinya mengalami dislek­sia. Keterbatasan dalam belajar tersebut membuat hari-hari Cher selama di sekolah sema­kin berat. “Saya selalu men­dapatkan nilai rapor yang jelek ketika di sekolah karena tidak mampu membaca dengan baik.

Hampir semua mata pelajaran pun saya pelajari dengan cara mendengarkan,” ungkap Cher.

3. Jewel

Jewel dikenal sebagai pe­nyanyi multitalenta. Namun di balik bakat cemerlangnya ter­sebut, dirinya sempat depresi akibat disleksia. Ketika masih kecil, Jewel mengalami ke­sulitan dalam membaca hingga dokter mendiagnosis dengan disleksia. “Sebagian besar kesenanganku hilang dan saya kehilangan moti­vasi untuk men­jalani masa depan. Tetapi ibu saya terus men­dampingi, mendukung dan memotivasi saya untuk me­ngejar mimpi menjadi seorang penyanyi,” kata Jewel.

4. Bruce Jenner

Bruce Jenner adalah atlet nasional Amerika yang pernah memenangkan medali emas dalam Olympic Games untuk cabang olahraga ‘track & field’ tahun 1976. Jenner melewati masa anak-anak dan remajanya dengan disleksia, tetapi hal ini dianggap sebagai berkah. “Jika saya tidak mengalami disleksia, mungkin tidak akan mampu menjadi atlet. Setelah men­dapat diagnosa dari dokter, saya lebih sering menghabiskan waktu di rumah untuk ber­olahraga dan terus berlatih hingga dinobatkan sebagai atlet nasional,” katanya

5. Deddy Corbuzier

Jika ditanya rute jalan dari rumahnya di Bintaro menuju studio Trans TV, Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sund­jojo atau Deddy Corbuzier, 35 tahun, tak bisa menjelas­kan­nya.

Bahkan nama bintang tamu di acara Hitam Putih pun selalu dituliskan di papan putih di bibir panggung agar ia bisa melihatnya. Itu terjadi karena Deddy mengidap disleksia. Namun demikian, Deddy me­ngaku memiliki intelligence quotient (IQ) 160. Jika benar, itu artinya kecerdasan Deddy setara dengan Albert Einstein.

Disleksia ini membuat Deddy sempat tak naik kelas saat SD. Ia baru menyadari dirinya mengidap disleksia saat SMA.

Ia sering bingung karena sering lupa. Karena dis­leksia ini pula, Deddy me­milih ku­liah di Jurusan Psiko­logi Uni­versitas At­majaya Jakarta selu­lus dari SMA Santa Theresia. “Saya ingin mene­rapi diri sendiri,” tuturnya. Selanjutnya Ded­dy mengambil master psi­ko­logi di Univer­sitas London, Ing­gris. (h/ Nove­ranita Amelia, Fdok Unand)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 10:51:29 WIB

    Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih

    Camilan Hari Ini: Resep Muffin Keju yang Empuk dan Gurih Akhir pekan selain diisi dengan jalan-jalan, juga sangat pas diisi dengan berdiam di rumah bersama keluarga.Tentu saja ditemani dengan camilan dan secangkir teh. Dan ide camilan untuk hari ini adalah muffin keju..
  • Ahad, 24 Januari 2021 - 06:43:50 WIB

    Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman

    Untuk Penderita Asam Lambung, Berikut 5 Tips Minum Kopi yang Aman Kopi sering dijauhi oleh penderita penyakit asam lambung, karena dalam kandungan kopi ada kafein dan klorogenat. Supaya tetap aman ikut beberapa tips sehat ini..
  • Sabtu, 23 Januari 2021 - 23:19:03 WIB

    Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat

    Wah! BTS Dapat Brand ValueTertinggi, Blackpink Lewat Institute of Corporate Reputation merilis peringkat grup band idola K-Pop berdasarkan "brand value" di awal Januari 2021. Seperti dilansir dari Allkpop, Sabtu (23/1/2021), survei dilakukan mulai 23 Desember 2020 hingga 23 Jan.
  • Jumat, 22 Januari 2021 - 11:27:51 WIB

    Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya

    Apa Hukum Jual Beli Kucing Peliharaan? Ini Dalilnya Dalam Islam hukum asal jual beli itu halal dan boleh. Namun, ada jual beli yang diatur objeknya, tidak bebas diperjualbelikan. .
  • Jumat, 22 Januari 2021 - 06:21:52 WIB

    Agar Kopi Jadi Minuman Lebih Sehat, Ini 8 Cara Mengonsumsinya

    Agar Kopi Jadi Minuman Lebih Sehat, Ini 8 Cara Mengonsumsinya Apa minuman yang paling populer di dunia? Tentu saja kopi. Minum kopi dapat menghilangkan rasa kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan. Hal ini membuat minum kopi di pagi hari memang sudah menjadi 'ritual' banyak orang..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]