Wanita Penentu Keberhasilan Pembangunan Bangsa


Ahad, 15 Maret 2015 - 19:03:15 WIB
Wanita Penentu Keberhasilan Pembangunan Bangsa

Kepada kader yang berhasil me­me­nangi per­lom­baan Ma­ria me­ngu­cap­kan selamat. “Na­­mun bagi yang belum men­­da­pat­kan ke­sempatan te­taplah ber­se­mangat dan me­­ning­kat­kan lagi kreatifitas un­tuk men­dapatkan hasil yang lebih baik dalam pelak­sanaan jambore be­ri­kutnya,” harap Maria.

Baca Juga : Pasien Covid-19 yang Dinyatakan Sembuh di Sumbar Bertambah 242 Orang, Total 37.002 Kasus

Kader PKK Padang Pan­jang sebut Maria, benar-benar me­nunjukan prestasinya di tahun ini. Selain dibuktikan dengan suksesnya penye­lenggaraan Jambore PK­K 2015, juga dida­hului oleh peningkatan prestasi dalam acara tingkat propinsi Suma­tera Barat, dengan keber­ha­silan memenangkan 4 juara umum dari 9 kegiatan yang di­per­lom­bakan.

Sebagai pamungkas dari acara penutupan, Walikota Hendri Arnis dalam sam­butan­nya mengungkapkan ke­kagumannya kepada sosok Ibu yang merupakan tonggak da­lam keluarga. Peranan ibu rumah tangga juga menjadi penentu dalam keberhasilan pembangunan dan kemajuan sebuah bangsa.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif Bertambah 230 Kasus

“Generasi yang akan mem­bangun dan menjadi masa depan negara ini, karakternya terbentuk dari keluarga, dan ibu adalah sosok utama yang mempengaruhi akan seperti apa (generasi) masa de­pan tersebut”, ujarnya.

Walikota ter­mu­da lulusan Ha­waii Pacific Uni­versity US tersebut juga mengharapkan peningkatan pe­ra­nan ibu ru­mah tang­ga dalam men­dukung aktifitas suami dan keluarga dengan me­m­ba­ngun jiwa en­tre­preneur. Hal ini diharapkan bisa mem­bantu me­ningkatkan peng­hasilan dan penguatan ekonomi rumah tangga. “Banyak peluang yang bisa dimaksimalkan oleh ibu-ibu rumah tangga khususnya para kader PKK yang sudah men­dapatkan banyak sekali pe­latihan, misal dengan men­coba membangun industri rumah tangga (IRT) ber­ba­siskan ke­lompok-kelompok usaha,” ucapnya.

“Program One Village One Product yang menjadi salah satu program unggulan dapat di­mulai dengan mem­bentuk ke­lompok-kelompok usaha yang bergerak di bidang industri kecil kreatif seperti usaha bunga hias, makanan ringan, konveksi, aksesoris dan banyak lainnya sesuai dengan potensi yang ada dilingkungan masing-masing,” tukas Hendri Arnis.

Dia juga menyampaikan kesiapan pemerintah kota un­tuk membantu memfa­sili­tasi pelatihan dan pengembangan usaha dari kelompok-kelom­pok tersebut, dan berharap para kader lebih mem­bera­nikan diri untuk membangun komunikasi dengan dinas ter­kait dalam menghadapi per­masalahan dan kendala yang dihadapi.

“Jika suatu saat usaha yang dibangun sudah mulai berjalan dan berkembang sehat, kita akan lebih kembangkan lagi dengan mengikutkannya pada pameran-pameran produk ko­ta tingkat provinsi dan bahkan nasional,” tutupnya. (h/yan)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]