DPRD Setujui Perda Pedoman Pemberian Nama Jalan


Ahad, 15 Maret 2015 - 19:06:45 WIB
DPRD Setujui Perda Pedoman Pemberian Nama Jalan

Untuk sempurnanya pelak­sanaan Perda itu di lapangan, beberapa fraksi sebelum penge­sahan memberikan beberapa catatan. Fraksi Bintang Nurani melalui juru bicaranya, H. Her­palis  menyarankan agar pem­berian nama jalan mem­per­hatikan aspek historis dan so­siologis serta disesuaikan dengan klasifikasi jalan dan nama jalan. Disamping itu juga diperlukan keseriusan semua pihak yang terkait dalam hal ini untuk mela­kukan kajian khusus terhadap pengajuan nama nama jalan.

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

Sedangkan Fraksi PDIP me­lalui juru bicaranya, Zarmoni, mendesak Pemkab Solok dalam pemberian nama jalan perlu adanya registrasi yang maksimal, agar nama jalan yang telah di­usulkan tidak ada kesamaan dalam satu daerah tertentu.

Fraksi PKS  melalui juru bicaranya, Noda Eka Nanda menyarankan Pemkab Solok dalam pemberian nama jalan harus mempertimbangkan keto­kohan yang punya hubungan lansung dengan daerah setempat. Kemudian, developer yang me­miliki hak mengusulkan nama jalan di komplek perumahan hendaknya memperhatikan as­pek sosiologis.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Sementara Bupati Solok, Drs. H. Syamsu Rahim me­ngatakan, pemberian nama jalan ini nantinya juga merupakan wujud dari penghargaan terhadap tokoh nasional dan juga tokoh masyarakat yang berjasa bagi bangsa,negara dan daerah serta mempermudah perencanaan dan pengawasan pembangunan di daerah.

Dengan telah ditetapkannya Raperda tentang pedoman pem­berian nama jalan dan peno­moran bangunan ini menjadi Per­da, diharapkan pemerintah daerah beserta dengan lembaga dewan yang terhormat dan juga ma­syarakat dapat berperan aktif dalam pemberian nama jalan yang ada di wilayah Kabupaten Solok sesuai dengan pedoman yang tertera didalam peraturan ini.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Sehingga diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama seluruh ruas jalan yang ada di Kabupaten Solok,terutama di ibu kota kabupaten dapat diberi nama yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian nomor ba­ngunan. (h/eri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]