Cegah Bencana, Agam Tanam Seribu Cemara Laut


Ahad, 15 Maret 2015 - 19:11:43 WIB
Cegah Bencana, Agam Tanam Seribu Cemara Laut

Penanaman pohon cemara laut ini, tambahnya, untuk melindungi daerah itu dari abrasi pantai, melindungi permukiman dari tiupan angin kencang.  “Ini tujuan utama penanaman pohon cemara laut, sehingga tidak terjadi abrasi pantai dan rumah warga terlindung dari tiupan angin kencang,” katanya.

Baca Juga : SKB 3 Menteri tentang Seragam Sekolah Resmi Dibatalkan, Ketua LKAAM Sumbar: Negeri Ini Masih Punya Keadilan

Penanaman itu juga untuk memperindah Pantai Tiku sehingga pengunjung menjadi betah saat berada di daerah itu dan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. “Apabila pohon cemara ini rindang, banyak bermunculan peda­gang makanan dan minuman berjualan di lokasi itu. Ini yang terjadi di Pasi Tiku, sehingga banyak pedagang berjualan di lokasi itu,” katanya.

DKP Agam, tambah dia, telah menanam pohon cemara laut seluas 80 hektare di sepan­jang Pantai Tiku, Tanjung Mutiara semenjak 2010 sam­pai 2014. Saat ini, pohon cemara laut ini sudah besar dan daunnya sudah rindang.

Baca Juga : Penyekatan Dimulai, Ratusan Kendaraan Diputarbalik Saat Hari Pertama

Ia menambahkan, Tanjung Mutiara memiliki pantai de­ngan panjang sekitar 43 kilo­meter. Tanjung Mutiara ini merupakan satu-satunya dari 16 kecamatan di Agam me­miliki laut. (h/anc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]