PKL Sandang Pangan Turun ke Badan Jalan


Ahad, 15 Maret 2015 - 19:12:57 WIB
PKL Sandang Pangan Turun ke Badan Jalan

Menurut keterangan salah seorang pedagang sayuran, Nurina menuturkan, kalau di kios penampungan depan In­pres III jualannya tidak laku. Ma­kanya, dia kembali ke jalan. “Susah juga merubah ke­bia­saan tempat berdagang ini. Kalau di depan bioskop jualan saya habis, kalau pindah ke kios penam­pungan jangankan ha­bis, separo saja tidak laku,” ulas Nurina.

Baca Juga : Nomenklatur Baru, Hendri Septa Kukuhkan dan Lantik 180 Pejabat Eselon II, III dan IV

Nurina berharap, jika mau merelokasi PKL harus me­mikirkan nasibnya juga. Apa­kah cocok untuk ber­dagang dan apakah ada pembeli yang datang. “Di kios penampungan ini kecil-kecil, makanya pem­beli jarang yang masuk,” pung­kas Nurina.

Hal senada juga dik­e­luh­kan Tek Pik, pedagang wortel dan sayuran hijau. Tek Pik tidak hanya mengeluhkan kon­disi PKL, tetapi kekacauan Pasar Raya secara keseluruhan itu, yang membuat pembeli malas datang ke pasar tra­disional.

Baca Juga : Maksimalkan Hasil Panen, Pemko Padang Serahkan 11 Unit Mesin Perontok Padi dari Kementan

“Apalagi kalau mall se­makin bertambah di Kota Padang, jelas pedagang bakwan yang butuh wortel mau belanja ke pasar. Semuanya sudah ada di Mall,” tandas Tek Pik.

Kasi Trantib Dinas Pasar, Wendi menjelaskan, pedagang sudah diberitahu aturan ber­dagang. Main kucing-kucingan dengan pedagang juga masih terjadi. “Kita sudah bekerja sekuat tenaga, petugas pergi atau kita memantau pedagang di tempat lain. Maka mereka kem­bali lagi ke jalan,” urai Wendi.

Baca Juga : Hadiri Wirid di Perumda AM Padang, Hendri Septa Ajak Tingkatkan Kepedulian

Sebelumnya, Dinas Pasar mem­buatkan lapak-lapak un­tuk PKL di Sandang Pangan, agar tidak berdagang di badan jalan. Kepatuhan pedagang awalnya berjalan dengan baik, karena tidak ada yang jual beli mereka kembali lagi ke tempat asalnya, yakni di badan jalan.

Beberapa bulan setelah kios penampungan ditempati pedagang, di depan Bioskop Raya itu bersih dari pedagang. Sampah juga tidak sampai menumpuk. Namun, saat ini selain tumpukan sampah yang menggunung, PKL juga me­menuhi badan jalan. (h/ows)

Baca Juga : Pemko Padang Gelar Bimtek PPRG Tahun 2021

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]