Permen Pungutan di Sekolah Akan Diubah


Ahad, 15 Maret 2015 - 19:14:42 WIB
Permen Pungutan di Sekolah Akan Diubah

“Ada Permen (Peraturan Menteri) yang izinkan pu­ngutan-pungutan, saya juga heran. Jadi sekarang kami sedang review ubah permen tersebut,” kata Anies saat hadir dalam acara HUT Sua­ra Pem­baruan di Taman Mini Indo­nesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (15/3). m Anies akan berusaha agar pro­ses review Permen ter­sebut tidak meng­ganggu ke­giatan be­lajar mengajar saat ini, khu­susnya terkait ekstra­kurikuler.

Baca Juga : Survei IPO: AHY Masuk Lima Besar Tokoh Potensial di Pilpres 2024, Anies Teratas

Dia pun membeberkan sebuah terobosan tanpa pu­ngu­tan yang membebani, siswa tetap bisa mendapat pelajaran tambahan dan me­ngikuti kegiatan ekstra­kuri­kuler.  Salah satu caranya adalah dengan melibatkan pro­fe­sional. Para profesional itu akan diundang ke sekolah untuk memberikan ekstra­kurikuler.

“Jadi tidak harus gurunya tapi kaum profesional,” kata Anies usai mengisi acara dalam rangka HUT Suara Pembaruan di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Ti­mur, Minggu (15/3).

Baca Juga : Pakar Analisis Ucapan Moeldoko 'Diperintah Jokowi': Tak Ubahnya Unjuk Kekuatan

Mantan Rektor Universitas Paramadina Jakarta ini men­contohkan cara itu bisa dila­kukan untuk ekstrakurikuler fotografi. “Misal ekstra­kuri­kuler fotografi begitu banyak profesional kenapa tidak di­undang,” kata Anies.  Menurut Anies para pro­fesional itu tidak akan men­dapat bayaran atas tenaganya mengisi kegiatan ekstra­kuri­kuler di sekolahan. “Ini adalah bayar balik atas pendidikan yang profesional dapat dari negara,” kata dia.

Melibatkan para profesional dalam kegiatan ekstrakurikuler ini, kata Anies, bisa mengatasi salah satu kendala tentang biaya. Dia pun akan menjadikan pen­didikan nasional sebagai ge­rakan, bukan lagi program. Profesional akan dilibatkan untuk mengatasi masalah biaya pendidikan.  “Bukan pen­didi­kan sebagai program, tapi gerakan artinya semua diajak terlibat,” kata Anies. (h/dtc)

Baca Juga : Berikut Daftar Pengurus Masyumi Reborn: Ahmad Yani Ketum, Alfian Tanjung Waketum

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]