Mentawai Sepi Atribut Calon Gubernur


Senin, 16 Maret 2015 - 19:55:17 WIB
Mentawai Sepi Atribut Calon Gubernur

Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ke­pu­lauan Mentawai, Nelson kepada Haluan kemarin mengatakan, meski sejumlah tahapan persiapan pelaksanaan Pilgub Sumbar sudah mulai dipersiapkan KPU, namun Mentawai diakui masih belum digarap para balon gubernur. Arti­nya, belum satupun baliho yang tampak terpasang di dareah itu.

“Kalau seorang balon gu­ber­nur ingin memasang gambar di Mentawai, Ia harus menyediakan gambar yang lebih banyak di­ban­dingkan memasang gambar di daerah lain. Seperti Kota Padang, balon pasang gambar di Lubuk Buaya, ada kemungkinan masya­rakat Bungus melihatnya, sebab meski jaraknya jauh, tapi da­erahnya masih dalam satu pulau,” kata Nelson.

Baca Juga : Hadiri Wisuda TK dan SMP Adz-Zikra, Wako Padang Hendri Septa Beri 'Reward'

“Kalau di Mentawai ini tidak bisa seperti itu,  kalau masang gambar di Tuapejat maka masya­rakat Siberut tidak akan me­nge­tahuinya, karena mereka terpisah oleh pulau (perairan). Begitu pula dengan daerah lainnya di Men­tawai, seperti Pagai Utara, Sioban, Kartiet, Bisoa, Pagai Selatan, Siberut Tengah, Sipora, dan lain­nya,” jelas Nelson lagi.

Menurutnya, belum di­garapnya daerah Mentawai mungkin juga lantaran biaya untuk memasang baliho di daerah itu terlalu besar. Karena biaya besar, mungkin terlalu dini rasanya untuk me­masang gambar di daerah ke­pulauan tersebut. Seperti biaya pendistribusian alat peraga dari ibukota provinsi ke sana saja sudah besar biayanya, karena harus dikirim melalui kapal.

Dikatakan juga, jumlah pe­milih di Mentawai sekitar 58.000, sedangkan jumlah penduduk se­kitar 90.000 lebih. Untuk pe­milihan kepala daerah serentak, Mentawai tidak ikut sebab masa jabatan Bupati sekarang habisnya akhir 2016 (semester 2) nanti. Sedangkan menurut UU Pilkada serentak, daerah yang ikut pilkada serentak adalah kepala daerah yang masa jabatannya habis di 2015 dan semester pertama 2016. (h/mg-rin)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]