Agen Intelijen Asing Jadi ‘Kurir’ ISIS


Senin, 16 Maret 2015 - 19:57:41 WIB
Agen Intelijen Asing Jadi ‘Kurir’ ISIS

Surat kabar Milliyet melaporkan, agen yang ditangkap ini menyamar sebagai dokter gigi dan menggunakan nama dokter Mehmed Resid di Turki. Kepada kepolisian Turki, dia mengaku menerima banyak uang yang dikirim dari luar negeri, untuk kemudian dikirimkan kepada ISIS di Suriah.

Baca Juga : Pemerintah Terus Berupaya Meningkatkan Jumlah Eksportir Indonesia

Namun tidak disebut lebih lanjut dari mana asal uang itu, hanya disebut berasal dari luar negeri. Menurut agen ini, dirinya mengambil uang tunai dari salah satu cabang Western Union di Turki, lalu mengantarkannya kepada seorang pembuat perhiasan asal Suriah, yang bekerja di kota Sanliurfa, Turki bagian selatan dan terletak dekat dengan perbatasan Suriah.

Pembuat perhiasan itu lalu menghubungi koleganya di Suriah. Seorang pria paruh baya lalu akan datang mengambil uang tunai itu di toko perhiasan yang dimaksud. Agen ini juga mengutarakan bahwa saudara laki-lakinya yang tinggal di Raqqa, Suriah, basis kuat ISIS, akan menerima uang tunai itu lalu menyerahkannya secara langsung kepada ISIS.

Baca Juga : Konversi Bank Riau Kepri ke Bank Syariah, Disosialisasikan pada Nasabah non Muslim

Secara terpisah, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyebut agen ini masih berada dalam penahanan otoritas Turki. Cavusoglu juga menegaskan, agen ini tidak bekerja untuk negara Uni Eropa maupun AS.

Spekulasi beredar bahwa agen ini bekerja untuk otoritas Yordania. Hal ini setelah sang agen mengaku dirinya terus berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Kanada di Yordania. Agen ini juga mengaku dirinya pernah memberikan informasi intelijen kepada kepolisian Yordania, melalui pejabat diplomatik Kanada di Yordania. (h/dtc)

Baca Juga : Ramadan dan Idul Fitri, BI Riau Siapkan Uang Tunai Rp 4,5 Triliun

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]