Putra Mantan Presiden Iran Dipenjara 15 Tahun


Senin, 16 Maret 2015 - 19:58:51 WIB
Putra Mantan Presiden Iran Dipenjara 15 Tahun

Untuk dakwaan pelanggaran ke­amanan, Mehdi terlibat dalam unjuk rasa besar-besaran setelah pemilu bermasalah pada tahun 2009 lalu. Mehdi pergi ke Inggris setelah diancam akan ditangkap saat itu.

Baca Juga : BNI Pastikan Tak PHK Karyawan Meski 96 Kantor Cabang Ditutup

Mehdi ditangkap pada September 2012 lalu, ketika dia baru tiba di Teheran. Mehdi yang seorang pengusaha ini, sempat bebas selama 3 bulan setelah membayar uang jaminan, namun ke­mudian dia ditangkap kembali men­jelang sidang berakhir.

Selain dakwaan pelanggaran ke­amanan, Mehdi juga dinyatakan ber­salah atas dakwaan penipuan dan peng­gelapan. Mehdi memiliki waktu 20 hari untuk mengajukan banding atas vonis yang dijatuhkan kepadanya.

Baca Juga : Harga Emas di Pegadaian Jeblok 1% di Lebaran Hari Kedua

Selain divonis total 15 tahun pen­jara, Mehdi juga dijatuhi hukuman denda. Juga diminta mengembalikan aset negara dan dilarang terlibat dalam politik. Tidak disebut secara rinci besaran denda yang harus dibayar oleh Mehdi. Ayah Mehdi, Ayatollah Akbar Hashemi Rafsanjani menjabat sebagai Presiden Iran selama dua periode, yakni tahun 1989 dan tahun 1997 lalu. Akbar Hashemi juga dikenal sebagai sekutu dekat Pemimpin Tertinggi Iran Aya­tollah Ali Khamenei. (h/dtc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]