LPC Belum Selesai, PKL Sudah Berdagang


Selasa, 17 Maret 2015 - 18:46:43 WIB
LPC Belum Selesai, PKL Sudah Berdagang

Pada malam hari kondisi LPC ini sangat ramai oleh pengunjung, walaupun belum dioperasikan secara sah oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Memang, ke­beradaan LPC sangat diharapkan pedagang yang berada di Pantai Purus Padang dan diharapkan segera bisa ditempati pedagang yang berhak.

Baca Juga : Hadiri Wirid di Perumda AM Padang, Hendri Septa Ajak Tingkatkan Kepedulian

Menurut pedagang yang berada di sekitar LPC, Anton, ramainya pengunjung pantai Purus Padang membuat jiwa pe­dagangnya terusik, untuk menggelar dagangan di lokasi LPC itu. Apalagi, sudah banyak pedagang yang lainnya menggelar dagangan di kawasan tersebut.

“Untuk sementara, tidak apa-apa kami di sini dulu, sebelum pedagang yang akan menempati dipindahkan,” jelas Anton.

Baca Juga : Pemko Padang Gelar Bimtek PPRG Tahun 2021

Sementara itu, Kepala Dinas Ke­budayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang, Dian Fakhri menjelaskan, di tahun 2015 masih ada tambahan tiga blok lagi yang akan di bangun dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang sebesar Rp1,4 miliar.

Tiga blok itu, nantinya akan ditargetkan selesai Juni juga dan sekaligus semua blok yang berjumlah 14 akan dioperasikan serentak. Tiga blok itu dibangun ke arah jembatan Purus dan saat ini sedang dalam proses pembersihan lahan dan 11 blok untuk 101 kios.

Baca Juga : Pandemi Belum Reda, Warga Padang Takut Berobat ke Puskesmas

Dengan selesainya pengerjaan LPC tersebut, cetus Dian, para pedagang yang selama ini berjualan di bibir pantai akan dipindahkan ke LPC. Saat ini pedagang sedang di data. “Selain itu, juga untuk menghindari kesemrawutan Pantai Pa­dang pada musim Lebaran, LPC ini kita bangun sebanyak 11 blok dan lima blok sudah tuntas pembangunannya,” tam­bahnya lagi.

­Diakuinya terkendalanya pem­bangunan LPC itu, karena lambatnya pencairan CSR oleh beberapa perusahan yang akan digunakan untuk mendanai pembangunan. Sehingga target penuntasan pada 2014 tidak tercapai.

Baca Juga : Jumlah Penerima BST di Padang Berkurang 2 Ribu KPM

Lebih jauh Dian menjelaskan, beberapa perusahan yang memberikan CSR untuk pembangunan LPC tersebut, di antaranya PT. Semen Padang, Pertamina dan PT. Pelindo. Kemudian PT Kunango Jantan, PT. Asuransi Jiwasraya, PT. Pos Indonesia, PT. Jiwasraya, Hok Tek Tong (HTT) Padang dan Sinar Pagi Sport Club (SPSC). Ditambahkannya, CSR beberapa peru­sahan tersebut ada yang sudah diterima Pemko Padang dan akan segera dituntaskan pembangunan tersebut. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]