Potensi Energi Hijau Sumbar 1.000 MW


Selasa, 17 Maret 2015 - 18:54:31 WIB
Potensi Energi Hijau Sumbar 1.000 MW

“Saat ini baru satu PLTMH yang telah menhasilkan energi, yaitu PLTMH yang ada di Solok Selatan. Saat ini telah memproduksi 8 MW energi yang dipergunakan oleh masyarakat sekitar. Diperkirakan satu PLTMH ini bisa menghasilkan 10 MW ,” jelas Marzuki Mahdi.

Baca Juga : Arab Saudi Tegaskan Belum Ada Instruksi Resmi tentang Haji Tahun Ini

Ditambahkannya, ada enam PLTMH yang sedang dalam proses pengerjaan. Dimana dua PLTMH yang terdapat di Pesisir Selatan dan Pasaman dalam proses finishing. Sementara untuk empat lainnya masih dalam tahap pengerjaan.

“Ada 16 titik lainnya yang menjadi prioritas kita tahun ini. Rata-rata di 19 AKbupaten/Kota di Sumbar berpotensi untuk mengembangkan PLTMH ini. Asalkan daerahnya memiliki aliran sungai yang besar itu bisa dibangun,” terangnya.

Baca Juga : 'Tsunami' Covid-19 India Makin Menggila, Anak Muda yang Meninggal Semakin Banyak

Daerah Sumbar kata Marzuki Mahdi, merupakan daerah yang pantas untuk menjadi lumbung energi baru terbarukan atau disebut juga dengan energi hijau. Karena setiap daerah yang ada di Sumbar memiliki potensi air yang banyak. Dengan catatan catchment area atau wilayah tangkapan air tidak terganggu. “Oleh karena itu kita harus menjaga daerah tangkapan air seperti bukit dan hutan untuk menjaga debit air sehingga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi,” ungkapnya.

Meski Sumbar memiliki potensi sebagai lumbung energi hijau mencapai 1.000 MW, namun Marzuki Mahdi masih mengeluhkan minimnya sentuhan investor untuk me­ngembangkan energi ramah lingkungan ini. Dari 38 titik PLTMH yang mendapatkan izin prinsip ini investornya berasal dari lokal. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]