Bentuk Forum DPR dan DPD


Selasa, 17 Maret 2015 - 19:04:12 WIB
Bentuk Forum DPR dan DPD

Eka mengatakan, kalau sudah ada wadah dan tempat yang jelas masya­rakat tidak ragu untuk me­nyam­paikan aspirasinya , misalnya saat ada permasalahan di suatu daerah atau ada usulan dari mas­yarakat dapat melaporkan ke forum yang ada tersebut.

Baca Juga : Danau Cimpago Padang Dipenuhi Sampah Kiriman

“Misalnya ketika ingin mela­kukan pertemuan-pertemuan kecil atau pembahasan untuk men­dapat­kan kajian kajian di daerah, dengan adanya forum ini dapat lebih leluasa dan terkonsep apa yang akan dila­kukan untuk Sumbar,” ujarnya.

Didalam forum tersebut juga dapat mengagregat kebutuhan Sum­bar, dan yang pastinya tentu perlu kantor untuk menerima masyarakat. Jadi dengan adanya forum ini masya­rakat dapat langsung berhubungan atau menyampaikan secara langsung apa yang mau disuarakannya.

Baca Juga : Angka Pengangguran di Padang Naik jadi 60 Ribu Orang

“Hubungan langsung antara masyarakat dan anggota DPR atau DPD kan tidak bisa ya, karena saling berjauhan. Informasi perkembangan yang terjadi di Sumbar pun tidak cukup dari informasi yang disam­paikan oleh media atau dengan hearing ke daerah,” jelasnya.

Sementara itu, pengamat politik dari IAIN Imam Bonjol M Taufik mengatakan pada dasarnya forum tersebut memang dibutuhkan oleh masyarakat untuk menyalurkan secara langsung apa yang menjadi permasalahan atau aspirasinya unt­uk Sumbar.

“Dengan adanya forum tersebut para wakil rakyat yang ada di pusat DPR dan DPD dapat mengkaji dan menelaah apa saja persoalan yang ada di Sumbar, serta dapat men­carikan solusinya secara bersama,” ujarnya.

Menurutnya forum ini juga dapat menjadi jembatan bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya secara langsung, dan dapat juga menjadi peta atau gambaran bagi anggota forum kebijakan apa yang akan diberikan untuk Sumbar untuk menuju pembangunan yang lebih baik ke depannya. (h/mg-rin)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]