Pemilih Pilkada Serentak 99,8 Juta Orang


Rabu, 18 Maret 2015 - 20:09:15 WIB
Pemilih Pilkada Serentak 99,8 Juta Orang

DPT Pilpres 2014 se­ban­yak 99,8 juta orang tersebut akan diselaraskan dengan data daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4), yang diserahkan Kementerian Da­lam Negeri guna menge­limi­nasi kegandaan dan penduduk meninggal, serta menam­bah­kan pemilih berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Baca Juga : Daftarkan Logo Partai atas Nama SBY, Ketua DPC PD Dharmasraya: Cegah Penyalahgunaan oleh Pihak Lain

DP4 untuk Pilkada se­rentak gelombang pertama merupakan data penduduk hasil pembaruan oleh Di­rek­torat Jenderal Administrasi Kependudukan dan Pen­cata­tan Sipil (Dukcapil) hingga 31 Desember 2014. Selanjutnya, petugas KPU di daerah ke­mudian mencocokkan dan meneliti (coklit) data DP4 tersebut ke lapangan, yakni dengan mendatangi rumah-rumah penduduk pemilih selama proses pe­mu­tak­hiran data pemilih.

Data hasil coklit itulah yang akan di­selaraskan dengan 99,8 juta data DPT Pilpres 2014 lalu. “Untuk selanjutnya data tersebut kami turunkan ke daerah dan di­susun untuk menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada, lalu disaring lagi hingga ditetapkan menjadi DPT pilkada,” jelas Hadar.

Baca Juga : DPC Partai Demokrat Dharmasraya Sampaikan Surat Pengaduan dan Perlindungan Hukum ke Polres Setempat

Sebelumnya, KPU dan Dit­jen Dukcapil Kemendagri menggelar rapat koordinasi terkait rencana pen­yu­sunan daftar pemilih untuk pemilihan gubernur, bupati dan wali kota se­cara serentak pa­da Desember mendatang.

Direktur Jenderal Administrasi Ke­pen­dudukan dan Pencatatan Sipil, Irman, mengatakan pertemuan tersebut menghasilkan ke­sepakatan jadwal penyerahan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

Baca Juga : Terjun ke Politik, Athari Gauthi Ardi: Ingin Kampung Seperti Jakarta

“Yang sudah disepakati adalah penyerahan DAK2 pada 12 April dan DP4-nya 3 Juni. Nanti yang menyerahkan langsung Menteri Dalam Ne­geri (Tjahjo Kumolo) kepada Ketua KPU (Husni Kamil Manik),” kata Irman seperti dilansir antara.

KPU mengusulkan pelak­sanaan pemungutan suara Pil­kada serentak gelombang pert­ama dapat digelar pada 9 De­sem­ber 2015 mendatang, me­ngi­ngat perintah Undang-un­dang Nomor 1 Tahun 2015 mengatakan pemilihan gu­ber­nur, bupati dan wali kota secara serentak dilakukan pada bulan Desember 2015 nanti. (h/yan)

Baca Juga : Ada Gerakan Mau Kudeta Cak Imin dari Kursi Ketum PKB, Benarkah?

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]