Pasbar Butuh Sosok Seperti Baharuddin


Rabu, 18 Maret 2015 - 20:23:15 WIB
Pasbar Butuh Sosok Seperti Baharuddin

Atas prestasi-prestasi brilian itu pula, Baharuddin digadang-ga­dang­kan pantas me­mim­pin Provinsi Su­ma­tera Barat. Dia di­dapuk oleh partai, diminta ma­syarakat Pasaman Barat dan Su­ma­tera Barat. Lang­­kah yang telah dila­­ku­kan di Pasa­man Ba­­rat, dinanti masyarakat Sumatera Barat.

Baca Juga : Politik dan Etika Berkelindan dalam Pengisian Jabatan Wawako Padang

Baharuddin mengatakan, baginya tidak ada yang diang­gap luar biasa dari apa yang sudah dia perbuat untuk Pasa­man Barat selama ini. Me­nurutnya, semua itu hanya sebuah kewajiban, sebagai tumpah darah dan sebagai pemimpin daerah, memang ke­ha­ru­san­nya untuk mem­bangun dae­rah ke-yang lebih baik.

Dalam upaya pe­­ningkatan pem­bangunan dan eko­nomi, sebagai upa­ya percepatan pem­bangunan yang ber­basis na­gari, sesuai amanat kembali ke nagari, Baharuddin di bawah kepe­mimpinannya telah mengu­curkan dana Rp 1 miliar per­nagari. Tahun 2015 ini, bahkan ditingkatkan men­jadi Rp 1,4 miliar.

Baca Juga : Jangan Terlalu Bersedih Jika Kamu Dihinakan

Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daearah (RPJMD) katanya, program lima tahun ini berjalan dengan baik dan lancar. Yakni, bagaimana men­jadikan Pasaman Barat yang maju, sejahtera serta bertaqwa kepada Allah SWT.

“Alhamdulillah, RPJMD kita lima tahun terakhir ini berjalan dengan lancar, boleh dikatakan tanpa kendala. Dengan hasil realisasi dan dampak yang bisa sama-sama kita lihat ditengah masyarakat saat ini. Jika anda pernah berkunjung ke Nagari Katiagan sebelum lima tahun lalu, tengoklah sekarang, bagaimana perobahan yang terjadi disana. Katiagan itu, nagari paling ujung Pasaman Barat. Dulu menjadi nagari terpencil dan terisolir, sekarang jalan kampungnya saja sudah rabat beton,” tukas Baharuddin.

Baca Juga : Mengapa Isu Presiden 3 Periode Kembali Berhembus?

Bicara kendala yang dihadapi, kata Bupati yang bakal menjadi Calon wakil Gubernur Sumatera Barat itu, diakui cukup banyak. Tapi bisa diselesaikan dengan bijak dan baik, tanpa menimbulkan gesekan di tengah masyarakat. “Tidak pernah ada kenda­la yang sampai berlarut-larut atau bahkan menggagalkan pembangunan yang direncanakan,” ucapnya.

Sementara terkait tantangan ke depan kata Baharuddin, adalah melanjutkan pembangunan yang saat ini. Mempertahankan apa yang sudah baik sekarang, serta mengo­reksi bilamana ada yang perlu diperbaiki, sehingga daerah terus maju dan berkembang.

Baca Juga : Perang Inovasi dalam Era Disrupsi

Ketua Kelompok Tani Labuh Luruih, Nagari Aia Gadang, Pasbar, Adam mengatakan, apa yang telah dilakukan Bupati H. Baharuddin R dalam memimpin Pasaman Barat empat tahun lebih ini, sudah mem­berikan dampak luar biasa. Baik itu untuk pembangunan daerah secara fisik, maupun mental, akhlak serta peningkatan kesejahteraan masya­rakat.

“Baru selama Baharuddin, selu­ruh sektor prioritas pembangunan daerah terlaksana. Seluruh potensi daerah bergairah lagi,” kata Adam.

Menurutnya, realisasi kampanye Baharuddin saat mencalon bupati dulu, seluruhnya terwujud. Kendati ada yang berhasil sempurna, dan masih ada juga perlu ditingkatkan lagi. Tapi secara umum dan rata-rata, janji kampanye serta program pe­merintah berlangsung dengan amat baik. “Jika saya tidak salah, janji kampanye beliau dulu memberikan anggaran Rp500 juta pernagari. Nyatanya realisasi adalah Rp1 miliar lebih,” imbuh Adam.

Nel, salah seoarang pedagang di Pasar Simpang Tigo, Pasbar menga­takan, Baharuddin diakui sudah maksimal dalam membangun Pasa­man Barat. Tinggal polesan lagi untuk selanjutnya. Ia sebagai peda­gang, sejak Bupati Baharuddin menjabat merasa gejolak ekonomi masyarakat meningkat. “Daya beli warga meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tentu karena masyarakat punya uang,” tukasnya.

Ade, buruh harian di sebuah perusahaan sawit di Pasaman Barat mengatakan, selama pemerintahan Baharuddin, banyak bantuan yang didapatkan masyarakat miskin. Terutama akan hendak bulan puasa atau lebaran. Ia yang hanya berpro­fesi sebagai buruh kasar harian, selalu berharap bantuan setiap tahunnya, agar istri dan anak-anak­nya dapat pula merasakan indahnya puasa dan lebaran.

Meski secara serempak mereka tetap menginginkan Baharuddin sebagai Bupati Pasaman Barat, namun karena terbentur aturan yang membatasi kepemimpinan kepala daerah hingga dua periode, masya­rakat Pasbar mengaku sangat men­du­kung pencalonan Baharuddin menuju suksesi Pilgub Sumbar. Yang terpenting kata mereka, sosok pemimpin Pasbar ke depan haruslah memiliki komitmen dalam melan­jutkan dan menyempurnakan pem­bangunan Pasbar ke depan. (**)

 

Laporan:
SURYA ANDIKA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]