Rao Utara Prioritaskan Akses ke Gantiang dan Simamonen


Kamis, 19 Maret 2015 - 19:42:24 WIB
Rao Utara Prioritaskan Akses ke Gantiang dan Simamonen

Camat Rao Utara Akmal kepada Haluan menyebutkan, Kecamatan Rao Utara yang memiliki tiga nagari, languang, koto rajo dan kotonopan, yang dihuni oleh 10 ribu jiwa menye­bar pada 24 jorong. Khusus jorong Simamonen dan Gantiang, dihuni sekitar 500 jiwa penduduk.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi

“Kecamatan Rao Utara ini adalah kecamatan yang pendu­duknya hidup bertani. Baik tani sawah dan peladangan. Kendala bagi masyarakat tani, tentu saja akses yang memadai. Terutama Jorong Simamonen mudik dan ganting kenagarian languang serta Simamonen hilir kenagarian Koto Rajo. Tentu saja akses jorong-jorong tersebut sangat perlu diprio­ritaskan,” ujar Camat Akmal.

Saat ini, jorong gantiang bisa diakses melalui simpang Obom Nagari Lubuk Layang Kecamatan Rao Selatan, se­dang­kan menuju Si­mamo­nen melewati jembatan rajang. Di ujung jembatan rajang, terdapat jalan tani yang dibangun mela­lui dana PNPM sepanjang 9 km.

Baca Juga : Sambut Idul Fitri 1442 H, DPC IWAPI Pasaman Gelar Pasar Murah

“Jangan yang dibangun ini sangat membantu, sudah bisa dilewati dengan kendaraan roda dua. Sedangkan jalan tembus dari Jorong Gantiang ke Simamonen rencananya bakal dibangun tahun depan melalui APBD Pasaman,” terangnya.

Kata Camat, saat ini jalan sudah ada menuju gantiang, yaitu melalui jalan yang telah dilakukan pengerasan. Namun masih bercampur tanah. Na­mun, tahun depan jalan ini bakal ditingkatkan menjadi hotmix kasar.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar Hari Ini, BMKG: Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter

“Jika dua jorong tersebut sudah baik aksesnya, maka secara umum Kecamatan Rao Utara sudah lancar akses tran­sportasinya. Mengenai pene­rangan, jorong ini sudah me­miliki penerangan dari PLTS,” katanya.

Dengan membaiknya akses jalan, diharapkan masyarakat bisa dengan mudah mengang­kut hasil taninya ke pasaran. Jika akses lancar, jelas saja hasil tani pun bisa dijual lebih baik.

Baca Juga : Jasman Rizal: Tak Ada Larangan Pergerakan Lokal, Tetap Patuhi Prokes

“Kita berharap ke depan, ekonomi masyarakat tani di dua jorong ini semakin mem­baik. Apalagi di Gantiang itu, potensi ekonomi kreatif sangat tinggi dengan ditemukannya pusat bebatuan akiak Pasaman di jorong tersebut,” pung­kasnya. (h/col).

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]