RSUD Pariaman Antisipasi Penyebaran Difteri


Kamis, 19 Maret 2015 - 19:44:41 WIB
RSUD Pariaman Antisipasi Penyebaran Difteri

Ia mengimbau pada masya­rakat, agar tidak terlalu takut terhadap mewabahnya difteri. Asalkan masyarakat mau men­jaga lingkungan dan kesehatan dan memberikan tambahan makanan bergizi dan vitamin pada balita dan anaknya yang berusia 0-12 tahun, karena anak di usia ini rentan akan bahaya difteri.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 156, Sembuh 106, dan Meninggal Dunia 5 Orang

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua supaya anak-anaknya terhin­dar dari penyakit mematikan yang menyerang selaput otak dan tenggorokan ini. Pertama menjaga kebersihan badan, kesehatan dan lingkungan, kemudian tingkatkan gizi anak melalui makanan yang kaya vitamin, karena jika tubuh balita sehat otomatis daya tahan tubuhnya juga me­ning­kat, menghindari tempat dan kontak dengan penderita yang terjangkit difteri,” ulas Amril.

Secara institusi pemerin­tahan sambungnya, diharapkan peran pihak kesehatan seperti Puskesmas untuk berperan aktif mengawasi jika ada mas­ya­rakat yang terindikasi difteri agar secepatnya memeriksakan pada rumah sakit setempat, kemudian secara menyeluruh imunisasi masal DPT harus dilakukan oleh Dinas Kese­hatan yang ada di daerah.

Baca Juga : Mantan Wagub Sumbar Bangun Rumah Gadang Malintang Panai

“Sangat di harapkan pada pihak Pemda dan Pemko Pa­ria­man cepat tanggap terhadap persoalan ini, karena dari hasil pertemuan dan konsolidasi kita bersama Menkes beberapa waktu yang lalu di Parit Malin­tang, beliau sangat perhatian dan komit untuk penuntasan agar wabah difteri tidak me­rambah ke daerah lain,” tutup Amril. (h/mg-man)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]