Sosialisasikan Calon, KPU Butuh Rp4 Miliar


Kamis, 19 Maret 2015 - 19:45:42 WIB
Sosialisasikan Calon, KPU Butuh Rp4 Miliar

“Pada pilkada kini untuk alat kampanye akan dicetak oleh KPU dan disebarkan oleh pasangan calon. Baliho tidak boleh dicetak pasangan calon,” katanya seperti diwartakan antara.

Baca Juga : Wagub Sumbar Bakal Perjuangkan Normalisasi Sungai Batang Sumani ke Pusat

Ia menambahkan, untuk sosialisasi pasangan calon yang maju Pilkada, KPU tentu bersikap netral. Sebab itu, setiap pasangan calon akan ada baliho atau spanduk, serta alat peraga resmi lainnya sehingga dengan begitu akan jelas pelaporan dana kampanye nantinya. Ia menjelaskan, kebutuhan anggaran tersebut berdasarkan kalkulasi yang telah dilakukan sejak beberapa bulan terakhir.

Namun demikian, ia mengatakan, ada kendala yang tengah dihadapi terkait kebutuhan anggaran tersebut, dimana pemerintah setempat baru menganggarkan Rp6 miliar untuk seluruh program dan tahapan yang akan dilaksanakan menjelang pelaksanaan pilkada yang direncanakan pada Desember 2015.

Baca Juga : Berprestasi, 31 Personel Polres Dharmasraya Dianugerahi Penghargaan

Ia mengatakan, anggaran KPU dalam pelaksanaan pilkada dari kalkulasi mencapai Rp15 miliar. Kebutuhan itu telah dibahas di DPRD setempat dan diharapkan dapat terealisasi dalam APBD Perubahan 2015.

“Meski anggaran yang ada belum mencukupi, kami tetap optimis dapat mensukseskan pilkada di Pasaman yang ditarget akan dapat dilaksanakan pada 09 Desember 2015,” jelasnya.

Jajang menambahkan, untuk tahapan pilkada akan dimulai April 2015, sedangkan pendaftaran calon ke KPU dimulai Juni 2015. Sedangkan untuk kampanye, katanya, menurut aturan KPU ada enam jenis yakni debat publik, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga, iklan, pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka. (h/yan)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]