Sekolah di Padang Siap Hadapi UN


Kamis, 19 Maret 2015 - 19:52:50 WIB
Sekolah di Padang Siap Hadapi UN

“Langkah-langkah sudah dilakukan mulai dari pantia tingkat kota, pos UN, pene­tapan sekolah, daftar nomor tetap UN, tahap sosialisasi. Rencananya, UN akan dilak­sanakan tanggal 13 hingga 15 April. Untuk cetak soal dila­kukan oleh provinsi, berke­mungkinan H-1 diserahkan ke sekolah dan jumlah soalnya pas sesuai dengan jumlah siswa,” jelasnya, Kamis (19/3).

Baca Juga : Dinkes Kota Padang Sediakan Tempat Isolasi Guna Antisipasi Lonjakan Kasus Pasca Lebaran

Sementara Kabid Dikdas, Riswandi menambahkan, jum­lah peserta UN ditingkat SMP lebih kurang 15.000 siswa. Di­ka­ta­kannya, untuk imbauan dari dinas ke sekolah sudah dilakukan supaya membuat program sukses UN, seperti menambah jam pela­jaran atau memberikan soal-soal pada siswa supaya pemahamannya lebih matang.

Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) 25 Padang, Dwifa Kesuma menyatakan, kesiapan pihak sekolah untuk menghadapi UN sudah dila­kukan sejak semester satu lalu. Selain itu, khusus untuk siswa kelas sembilan diadakan jam tambahan belajar dua jam setelah jam sekolah usai.

Baca Juga : Padang Aktifkan Kembali Kampung Nelayan untuk Tempat Karantina Covid-19

“Kita adakan tambahan jam belajar, setelah jam seko­lah selesai. Kegiatan ini, sudah dilakukan sejak semester satu. Selain itu, mereka juga dibe­rikan latihan soal-soal ujian dan lembaran-lembaran kerja siswa supaya lebih matang,” katanya, Kamis (19/3).

Selain itu, hasil dari pra UN kota dan provinsi yang sudah dilaksanakan kemarin, juga menjadi bahan evaluasi bagi siswa, guna memperbaiki di mana saja letak kelemahan-kelemahannya. Dikatakannya, untuk peserta UN dari SMP 25 berjumlah 212 siswa.

“Di situlah tugas guru, mem­­­­berikan bimbingan bela­jar ber­ka­ca dari hasil UN yang sudah, jadi anak-anak menge­tahui apa saja yang perlu mere­ka pahami dan mantapkan,” ulasnya.

Sementara itu, Kepala SMP 24 Padang, Riadi menga­takan hal yang sama, bahwa persiapan untuk menghadapi UN sudah dilakukan sejak semester awal, meski hasil UN bukanlah satu-satunya penentu kelulusan, namun pihaknya tetap mem­berikan persiapan pada semua siswa jelang UN ini.

“Kelas sembilan memang sudah ada belajar tambahan sejak semester satu, hingga sekarang. Hal ini salah satu bentuk usaha sekolah, guru dan siswa dalam mengahadapi UN nanti,” ujarnya.

Dikatakannya juga, dari hasil UN yang telah dilakukan dievaluasi secara bersama oleh siswa, nanti pada kelemahan atau materi yang belum man­tap akan dilakukan pem­baha­san yang lebih mendalam pada jam belajar tambahan ini.

“Jumlah siswa yang akan mengikuti UN nanti ada sekit­ar 239 siswa dari delapan lokal yang ada di SMP 24 ini, dengan memberikan tambahan-tam­bahan soal pada siswa diha­rapkan dapat menambah ke­sia­pan mereka dalam meng­ha­dapi UN nanti,” pung­kasnya. (h/mg-rin)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]