Gerindra Sumbar Belum Serahkan SK Kepengurusan


Kamis, 19 Maret 2015 - 19:56:32 WIB
Gerindra Sumbar Belum Serahkan SK Kepengurusan

“Ya, sampai saat Partai Gerindra masih belum men­yerah­kan SK kepengurusan terbaru partainya,” kata Kabag Hukum, Teknis, dan Hupmas KPU Sumbar, Agus Catur Rianto, Kamis (19/3).

Baca Juga : Tempati Rumah Dinas, Hendri Septa Buka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan

Agus mengatakan, SK ke­pengurusan tersebut antara lain untuk mengetahui legalitas dan keabsahan kepengurusan dan penanggungjawab partai, terutama berkaitan dengan tahapan pencalonan kepala daerah yang diusung pada Pilkada serentak Sumbar me­n­datang. Hal ini sebut Agus, dilakukan karena proses pen­calonan dilakukan melalui penjaringan partai.

“Dalam proses pencalonan ke KPU nanti, baik parpol maupun gabungan parpol, masing-masingnya harus me­lampirkan SK kepengurusan yang sah. Jika pada saat itu tidak juga diserahkan, maka kita akan menolak menerima pendaftaran calon yang akan didaftarkan,” tandas Agus.

Baca Juga : Di Depan Doni Monardo, Gubernur Rekomendasikan Pinago sebagai Penahan Abrasi

Ketua KPU Solok Selatan, Isyuliardi Maas saat dihubungi Haluan, Kamis (19/3), juga mengakui jika kedua partai tersebut (Gerindra dan Ha­nura Solok Selatan), hingga saat ini belum menyerahkan SK kepengurusan partai ma­sing-masing. Pihak KPU im­buh Maas, bahkan juga telah menyurati kedua parpol ter­sebut agar sesegara mungkin menyerahkan SK ke­pengurusan partai.

“Semua parpol yang men­dapatkan kursi di DPRD Sol­sel, sudah menyerahkan SK kepengurusan sejak dibukanya penerimaan penyerahan SK kepengurusan pada Januari lalu. Hingga saat ini, memang masih tinggal dua partai lagi, Gerindra dan Hanura. Kita akan menunggu dua parpol tersebut untuk menyerahkan SK hingga batas waktu pen­daf­taran bakal calon kepala da­erah, yang dijadwalkan akan dibuka pada Juli 2015 nanti,” terangnya.

Baca Juga : Ini Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah Tahun 2021 di Padang

Pada kesempatan itu, KPU Solsel, juga telah menyatakan kesiapannya untuk segera me­m­bentuk Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) da­lam menghadapi Pilkada Sol­sel 2015 ini. “Untuk pem­bentukan PPK dan PPS, kami sudah siap. Sekarang me­nung­gu pelaksanaannya saja serta petunjuk dari KPU pusat,” kata Maas.

Solok Selatan imbuhnya, memiliki tujuh kecamatan, sehingga PPK yang akan di­bentuk berjumlah tujuh. Se­men­tara PPS sebanyak 39 PPS, sesuai dengan jumlah nagari (desa adat). Ia men­jelaskan, untuk PPK mereka harus mendaftarkan diri ke KPU setempat untuk dilaku­kan seleksi. Sedangkan untuk PPS, diusulkan oleh wali nagari dan Badan Musyawarah (Ba­mus) ke KPU untuk diseleksi.

Baca Juga : Alhamdulillah, Perumda AM Padang Gratiskan Air Masjid dan Musala Selama Ramadan

“Setiap nagari boleh me­ngu­sulkan enam orang calon anggota PPS yang kemudian diseleksi oleh KPU setempat menjadi tiga orang per nagari,” katanya. (h/mg-rin/dib)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]